Kapan Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP?

Oleh: Permadi Suntama - 30 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Valentino Rossi dipastikan segera terdepak dari Yamaha. Lantas, kapan The Doctor mau pensiun dari MotoGP?
tirto.id - Valentino Rossi dipastikan segera terdepak dari Yamaha Factory Racing MotoGP (Monster Energy Yamaha). Pabrikan asal Jepang itu memilih Fabio Quartararo sebagai pendamping Maverick Vinales mulai MotoGP musim 2021. Dengan situasi seperti ini, kapan The Doctor pensiun dari MotoGP?

Setelah merasakan masa-masa jaya dengan meraih 7 kali juara dunia MotoGP bersama Honda (2001, 2002, dan 2003) serta Yamaha (2004, 2005, 2008, dan 2009), Valentino Rossi sempat mengalami penurunan performa setelah bergabung dengan Ducati pada 2011.

Dua musim bersama Ducati, Valentino Rossi hanya mampu finis di urutan 7 pada MotoGP musim 2011 dan posisi 6 di musim 2012. Kariernya mulai naik lagi usai kembali ke Yamaha sejak 2013. Ia sempat menempati peringkat kedua dalam tiga musim beruntun, yakni pada MotoGP 2014, 2015, dan 2016.

Kendati begitu, Valentino Rossi seakan mulai sulit jadi juara dunia lagi seiring usianya yang semakin bertambah.

Selain itu, pembalap andalan Honda, Marc Marquez, juga kian dominan dengan merengkuh 6 kali juara dunia MotoGP yakni pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Bukan tidak mungkin, prestasi Valentino Rossi bakal dilampaui oleh rivalnya asal Spanyol itu.

Terlebih, Valentino Rossi tidak akan lagi memperkuat tim utama Yamaha pada musim 2021 nanti. Jika bergabung dengan pabrikan lain –bahkan tim satelit Yamaha sekalipun– masih susah baginya untuk bisa menyaingi Marc Marquez bersama Honda.

Yamaha memang masih siap mendukung jika Valentino Rossi belum berniat mengakhiri kariernya. Pembalap asal Italia ini dipersilakan bergabung dengan tim satelit Petronas Yamaha SRT jika masih ingin melanjutkan kompetisi di MotoGP.


Lantas, apa yang akan dilakukan Valentino Rossi nanti? Apakah tetap membalap dengan usia yang kian menua dan persaingan yang bertambah berat, atau memutuskan pensiun saja?

Valentino Rossi baru akan membuat keputusan dalam perjalanan musim 2020 nanti. Jika merasa masih bisa bersaing, rider berusia 41 tahun ini dipastikan tetap membalap. Namun apabila tidak, bukan hal yang mustahil bagi Valentino Rossi untuk memutuskan pensiun.

"Saya konsisten dengan jawaban yang saya berikan sejak musim lalu mengenai masa depan,” ungkap Valentino Rossi dikutip dari Crash.

“Saya tidak ingin terburu-buru memutuskan dan butuh lebih banyak waktu. Yamaha telah bertindak sesuai dengan menyelesaikan negosiasi [dengan Fabio Quartararo untuk menjadi pembalap utama Yamaha di musim 2021]," imbuhnya.

The Doctor tampaknya memang sudah mulai legawa. Kendati begitu, jika pun nantinya memutuskan pensiun, Valentino Rossi telah mengguratkan namanya sebagai salah satu legenda hidup dalam sejarah MotoGP.

Baca juga artikel terkait VALENTINO ROSSI atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight