Timnas Indonesia U-19

Kapan Timnas Main Lagi Usai Hasil Indonesia vs Dinamo Zagreb U19?

Oleh: Iswara N Raditya - 28 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kapan Timnas U19 main lagi usai hasil Indonesia vs Dinamo Zagreb?
tirto.id - Hasil Timnas U-19 Indonesia vs Dinamo Zagreb di Kroasia pada Senin (28/9/2020) dituntaskan dengan skor akhir 1-0 untuk kemenangan tim Garuda Muda. Ini merupakan laga uji coba terakhir skuad asuhan Shin Tae-yong di Kroasia. Lantas, kapan Timnas U19 main lagi?

Hari demi hari, penampilan Timnas U-19 Indonesia selama pemusatan latihan di Kroasia semakin menunjukkan progres yang baik. Itu terlihat di pertandingan pemungkas kontra skuad muda Dinamo Zagreb. David Maulana dan kawan-kawan unggul dalam penguasaan bola serta punya cukup banyak peluang.

Sayangnya, dari sekian banyak kans untuk membobol gawang Dinamo Zagreb, hanya ada satu gol yang tercipta. Gol semata wayang yang mengantarkan Timnas U-19 Indonesia meraih kemenangan keduanya di Kroasia itu dilesakkan lewat aksi ciamik Witan Sulaeman pada menit 58.

Dalam 6 laga uji coba sebelumnya, pasukan muda Merah Putih menelan 3 kali kekalahan yakni dari Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), dan Bosnia-Herzegovina (0-1), kemudian 2 kali imbang kontra Arab Saudi (3-3) serta pertemuan kedua lawan Qatar (1-1).

Di pertemuan pertama dengan Qatar, Timnas Indonesia U19 mampu menang 2-1 serta menutup rangkaian pemusatan latihan dan laga uji coba dengan membekuk Dinamo Zagreb satu gol tanpa balas.

Jadwal Timnas U-19 Indonesia Selanjutnya

Timnas U-19 Indonesia semula diagendakan langsung pulang ke tanah air usai dari Kroasia untuk persiapan melakoni putaran final Piala Asia U19 2020 di Uzbekistan juga Piala Dunia U20 2021 yang bakal digelar di negeri sendiri.

Akan tetapi, rencana itu berubah seiring keputusan AFC selaku konfederasi sepak bola Asia memundurkan jadwal Piala Asia U19 2020 lantaran pandemi COVID-19 yang masih belum sepenuhnya reda.

"Dengan pemikiran ini dan dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk memprioritaskan kesejahteraan para pemain muda, serta tantangan perjalanan dan kesehatan, AFC U16 Championship dan AFC U19 Championship di Bahrain dan Uzbekistan, ditunda hingga awal 2021," demikian pernyataan resmi AFC, Kamis (10/9/2020).

Putaran final Piala Asia U19 2020 seharusnya dimulai Oktober nanti. Timnas U-19 Indonesia bakal membuka ajang ini dengan menghadapi Kamboja pada 14 Oktober, kemudian melawan Iran tanggal 17 Oktober, dan menutup babak penyisihan grup dengan menantang tuan rumah Uzbekistan pada 20 Oktober 2020.


Lantaran AFC telah menangguhkan Piala Asia U19 2020 hingga awal 2021, maka PSSI memutuskan akan melanjutkan pemusatan latihan Timnas Indonesia U19 di Eropa. Setelah angkat koper dari Kroasia, Witan Sulaeman dan kawan-kawan dijadwalkan bakal lanjut ke Turki.

“Dengan penundaan Piala AFC U19 ini, maka Timnas U19 yang saat ini di Kroasia direncanakan melanjutkan TC di Turki pada Oktober mendatang," tandas Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, dikutip dari situs resmi federasi.

Rombongan Timnas Indonesia U19 dijadwalkan bakal berangkat dari Kroasia menuju Turki pada 2 Oktober 2020 mendatang.

Namun, hingga saat ini belum diketahui agenda resmi skuad asuhan Shin Tae-yong di Turki nanti, termasuk siapa lawan-lawan uji coba yang akan dihadapi.

Hasil Timnas Indonesia U19 di Kroasia

Indonesia vs Bulgaria (0-3)
Kroasia vs Indonesia (7-1)
Arab Saudi vs Indonesia (3-3)
Indonesia vs Qatar (2-1)
Qatar vs Indonesia (1-1)
Indonesia vs Bosnia-Herzegovina (0-1)
Indonesia vs Dinamo Zagreb (1-0)

Baca juga artikel terkait HASIL TIMNAS U-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight