Kapan Pengumuman SNMPTN 2021 dan Batas Pendaftaran di Portal LTMPT?

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kapan pengumuman SNMPTN 2021 dan tanggal pendaftaran SNMPTN 2021 di Portal LTMPT.
tirto.id - Tanggal pendaftaran SNMPTN 2021 dimulai pada 15 Februari melalui link portal.ltmpt.ac.id dan snmptn.ltmpt.ac.id mulai pukul 15.00 WIB. Pendaftaran SNMPTN 2021 bisa dilakukan bagi siswa eligible atau siswa yang dinyatakan layak mendaftar SNMPTN 2021 oleh sekolah.

Pendaftaran SNMPTN 2021 akan ditutup pada 24 Februari pukul 15.00 WIB. Untuk melakukan pendaftaran, siswa perlu mengikuti 7 langkah berikut ini.

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

2. Siswa mengisikan "kelengkapan Data Orang Tua" pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio (sesuai kebutuhan prodi).

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI (tidak wajib).

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI.

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Data jumlah siswa dan status akreditasi sekolah untuk penentuan kuota siswa peserta SNMPTN 2021 (siswa eligible) dapat dilihat pada laman PUSDATIN-PDSPK Kemdikbud pada laman http://pd.data.kemdikbud.go.id/ltmpt.

Pengumuman SNMPTN 2021 akan disampaikan pada 22 Maret 2021 pukul 15.00 WIB.

Cara Cek Daya Tampung SNMPTN 2021


Sebelum melalukan pendaftaran SNMPTN 2021, siswa bisa mengecek daya tampung atau kuota masing-masing universitas melalui laman ltmpt.ac.id. Dalam laman tersebut, akan tersedia data daya tampung 2021, peminat 2020 serta jenis portofolio yang dibutuhkan untuk mendaftar.

Cara mengecek daya tampung masing-masing program studi (prodi) di tiap perguruan tinggi negeri ini bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

1. Buka laman ltmpt.ac.id melalui ponsel, tablet, komputer, atau laptop, disarankan dengan laptop atau komputer.

2. Pilih menu "SNMPTN" yang berada di sisi kiri.

3. Pilih "Daftar PTN & Poltek".

4. Akan tersedia dua pilihan, yaitu "Daftar PTN (Program Sarjana & Diploma IV) serta "Daftar Politeknik Negeri (program Diploma IV), pilih salah satu, sesuai dengan jenjang yang Anda inginkan.

5. Setelah itu, untuk mengetahui daya tampungnya, Anda tinggal memilih PTN yang dituju, misalnya daya tampung Universitas Syiah Kuala klik "Lihat Prodi" yang berada di sisi kanan.

6. Akan muncul dua pilihan prodi, SAINTEK dan SOSHUM, kemudian cara prosi tujuan Anda. Di Universitas Syiah Kuala misalnya, Prodi Pendidikan Dokter Hewan jenjang S1 memiliki daya tampung 55 pada SNMPTN 2021.

7. Jika Anda telah selesai mengecek daya tampung di Universitas Syiah Kuala, Anda bisa mengecek daya tampung di PTN lain dengan memilih "Ganti PTN".



Baca juga artikel terkait SNMPTN 2021 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight