Kapan Menstruasi Lagi Setelah Melahirkan?

Penulis: Yonada Nancy - 5 Jan 2022 13:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menstruasi pertama setelah melahirkan berbeda-beda untuk setiap wanita, umumnya antara lima minggu, hingga dua bulan.
tirto.id - Periode menstruasi akan berhenti ketika wanita hamil dan akan mulai kembali saat wanita melahirkan. Menstruasi pertama setelah hamil dan melahirkan disebut dengan periode pospartum atau nifas.

Pada periode pospartum, organ-organ reproduksi wanita mulai kembali bekerja. Melansir WebMD, setiap wanita akan mengalami periode ini dalam kurun waktu yang berbeda-beda.

Mengenal periode pospartum tentu penting untuk mengetahui kondisi tubuh normal, masa subur, hingga peluang kehamilan.

Kapan Menstruasi Pertama Setelah Melahirkan?


Wanita yang selalu menyusui biasanya tidak mendapatkan menstruasi kembali sampai menyusui selesai. Menstruasi pasca melahirkan bagi ibu yang selalu menyusui biasanya akan dialami setelah satu atau dua bulan setelah berhenti menyusui.

Sementara, wanita yang mengombinasikan ASI dengan susu botol biasanya akan mengalami menstruasi lagi lebih cepat, yaitu sekitar lima sampai enam minggu setelah melahirkan.

Hal ini dipengaruhi oleh hormon prolaktin yang muncul selama wanita memproduksi ASI. Hormon prolaktin sendiri bersifat menghambat periode menstruasi.

Periode menstruasi memang berkaitan erat dengan masa subur. Namun, menurut WebMD, wanita punya kemungkinan kecil hamil meskipun belum mengalami menstruasi.

Risiko hamil sebelum menstruasi adalah satu hingga lima persen. Namun, kemungkinan paling besar seorang wanita bisa hamil adalah paling cepat 3 minggu setelah melahirkan.

Menstruasi yang Dialami Setelah Melahirkan


Menstruasi setelah melahirkan umumnya akan berbeda dengan periode sebelum hamil. Menurut National Health Service (NHS), ada beberapa kondisi yang dapat dialami wanita ketika menstruasi pasca melahirkan, yaitu:

  • Periode menstruasi yang tidak teratur, khususnya bagi ibu yang masih menyusui.
  • Mengalami kram, bahkan bisa lebih parah dibanding sebelum hamil.
  • Menstruasi berat, dengan darah yang keluar lebih deras.
  • Munculnya gumpalan darah pada menstruasi.

Jika diantara gejala-gejala tersebut muncul pendarahan lebih banyak, pembekuan darah, atau kondisi lainnya yang mengganggu, sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan.

Pendarahan Setelah Melahirkan Bukan Menstruasi


Beberapa kondisi yang bisa dialami setelah melahirkan adalah pendarahan. Biasanya terjadi pada wanita yang melaksanakan operasi caesar. Pendarahan ini bisa terjadi selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Namun, pendarahan ini tidak dihitung sebagai menstruasi, melainkan lokia.

Lokia yang muncul setelah melahirkan mirip seperti menstruasi, yaitu berwarna merah tua dan muncul beberapa gumpalan sebesar buah plum. Semakin hari, lokia akan semakin encer dan pudar seperti merah mudah atau kecoklatan.

Lokia juga bisa berubah menjadi keputihan atau kuning namun tidak muncul setiap hari. Wanita yang mengalami lokia tidak disarankan menggunakan tampon atau menstrual cup.

Menurut Pregnancy Birth & Baby, tampon atau produk lain yang dimasukan ke dalam vagina baru bisa digunakan setelah melewati pemerikasaan medis 6 minggu pasca melahirkan. Selama periode tersebut belum berlangsung, wanita disarankan menggunakan pembalut menstruasi atau maternity pad.



Baca juga artikel terkait MENSTRUASI atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight