Kapan Jadwal Tayang The Crown Season 5 di Netflix: 5 November 2022

Oleh: Abdul Hadi - 28 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Netflix mengumumkan bahwa The Crown musim kelima (season 5) atau The Crown 5 akan tayang pada 5 November 2022.
tirto.id - Kabar baik pagi pengagum keluarga Kerajaan Inggris dan pecinta drama The Crown. Pasalnya, Netflix mengumumkan bahwa The Crown musim kelima (season 5) atau The Crown 5 akan tayang pada 5 November 2022.

Kabar baik itu disampaikan oleh Imelda Staunton, bakal pemeran Ratu Elizabeth II dalam The Crown, sebagaimana dilansir Deadline. Pengumuman itu disiarkan dalam acara Tudum, suatu perayaan persemakmuran global streamer dari film dan serial TV yang diselenggarakan oleh Netflix.

Target penayangan The Crown musim kelima itu seturut dengan proyek syutingnya yang sudah dilakukan sejak Juli lalu. Sebelumnya, The Crown direncanakan akan tamat pada musim kelima. Namun, melihat antusiasme audiens dan pecinta drama sejarah, Peter Morgan, pencipta drama The Crown memutuskan untuk memperpanjang serinya menjadi musim keenam (season keenam).

Dari garis ceritanya, musim ke-1 The Crown mengambil latar pada 1950-an, musim ke-2 pada 1960-an, musim ke-3 pada 1970-an, dan musim ke-4 berlatar pada 1980-an

Rencananya, pada musim kelima ini, The Crown akan menceritakan 60 tahun kisah kerajaan di bawah pimpinan Ratu Elizabeth II, yaitu dari tahun 1948 hingga 2012.

Serial The Crown ini digemari banyak kalangan. Tidak hanya kalangan awam, bahkan juga kritikus film. Situs film IMDb merilis rating The Crown sebesar 8,6 dari 10. Sementara itu skornya juga terus menanjak, mulai dari musim pertama hingga musim keempat.

Sementara itu, situs film Rotten Tomatoes menuliskan perjalanan skor The Crown, mulai dari 88 persen (musim ke-1), 89 persen (musim ke-2), 90 persen (musim ke-3), hingga 97 persen (musim ke-4).

Di tengah kontroversinya dengan Kerajaan Inggris, serial The Crown berhasil memenangkan 11 nominasi Primetime Emmy Awards. Serial ini juga membawa pulang tujuh piala pada kategori Outstanding Drama Series, Outstanding Lead Actor in a Drama Series, Outstanding Lead Actress in a Drama Series, Outstanding Supporting Actor in a Drama Series, Outstanding Supporting Actress in a Drama Series, Outstanding Directing for a Drama Series, dan Outstanding Writing for a Drama Series.

Sebagaimana tradisi serial The Crown yang mengganti pemeran utama setiap dua musim, Netflix telah mengumumkan beberapa aktor dan aktris yang akan berperan pada musim kelima ini, di antaranya Imelda Staunton sebagai Ratu Elizabeth II, Lesley Manville sebagai Putri Margaret, dan Jonathan Pryce sebagai Pangeran Philip.

Selanjutnya, Jonny Lee Miller juga akan berperan sebagai John Major, Dominic West sebagai Pangeran Charles, Elizabeth Debicki akan berperan sebagai Putri Diana, dan Khalid Abdalla akan hadir sebagai Dodi Al-Fayed.


Baca juga artikel terkait THE CROWN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight