Bursa Transfer Musim Panas

Kapan Bursa Transfer EPL Liga Inggris-Serie A Italia 2020 Ditutup?

Oleh: Beni Jo - 5 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Bursa transfer pemain musim panas 2020 untuk EPL Liga Inggris dan Liga Italia Serie A bakal ditutup pada 5 Oktober waktu setempat.
tirto.id - Bursa transfer pemain musim panas 2020 untuk Liga Inggris atau EPL (English Premier League) dan Liga Italia Serie A bakal ditutup pada 5 Oktober 2020 waktu setempat atau 6 Oktober pukul 05.00 WIB.

Sebelumnya, UEFA selaku Konfederasi Sepak Bola Eropa sudah memperpanjang masa transer dan menetapkan 6 Oktober sebagai batasan pendaftaran pemain untuk klub yang berlaga di kompetisi Eropa musim 2020/2021.

Tidak seperti biasanya yang hanya berlaku hingga Juni-Juli, bursa transfer perpindahan pemain kali ini masih dibuka hingga memasuki bulan Oktober.

Perpanjangan dilakukan sebagai dampak kondisi pandemi COVID-19 yang juga menyebabkan sejumlah kompetisi Eropa mengalami kemunduran jadwal.

Aturan Khusus Bursa Transfer 2020

Pada Juni 2020 lalu, UEFA sudah mengonfirmasi bahwa deadline untuk bursa transfer pemain musim panas adalah 5 Oktober 2020. Pasalnya, sehari berikutnya merupakan batasan waktu terakhir pendaftaran pemain untuk kompetisi antarklub Eropa.

"Batas waktu bagi pendaftaran pemain yang tampil dalam fase grup kompetisi antarklub UEFA 2020/2021 telah ditetapkan pada 6 Oktober 2020," tulis pernyataan UEFA, Kamis (18/6/2020).

"Komite Eksekutif UEFA meminta kepada seluruh asosiasi anggota untuk menyesuaikan jadwal tersebut pada bursa transfer musim panas mendatang yang ditetapkan pada 5 Oktober 2020," lanjut UEFA.

Meskipun demikian, seperti dilaporkan ESPN pada 25 September 2020 lalu, klub-klub masih bisa mendatangkan pemain baru selepas deadline pada 5 Oktober tersebut.

Hanya saja, ada syarat bahwa pemain bersangkutan memiliki status free agent alias bebas transfer dan tidak sedang memiliki ikatan secara resmi dengan tim lain saat jendela transfer ditutup.

Bursa Transfer Liga Inggris

Premier League atau Liga Inggris sudah membuka jendela transfernya untuk musim panas sejak 27 Juli 2020. Hal ini berlaku selama 10 pekan dan berakhir pada 5 Oktober 2020 atau sebelum deadline yang diberikan oleh pihak UEFA.

Proses transfer untuk liga domestik itu masih bisa dilakukan hingga 16 Oktober 2020 jika proses perpindahan pemain melibatan tim yang berasal dari EFL (divisi Championship) saja. Bukan antar sesama klub Premier League atau dengan tim di luar Inggris.

Pada musim ini, sejumlah nama-nama pemain yang belum pernah tampil di Liga Inggris berhasil digaet oleh tim Premier League. Chelsea, misalnya, merekrut Timo Werner, Hakim Ziyech, Thiago Silva, Kai Havertz, hingga Édouard Mendy.

Everton mendatangkan pemain Real Madrid asal Kolombia, James Rodriguez. Pemain 29 tahun ini langsung sukses membukukan 3 gol dalam 4 laga awal dalam musim perdananya di Liga Inggris 2020/2021 yang baru berjalan 4 pekan.


Bursa Transfer Liga Italia

Bursa transfer musim panas untuk Serie A secara resmi dibuka pada 1 September 2020 lalu. Seperti halnya Liga Inggris, kompetisi Liga Italia juga akan menutupnya pada 5 Oktober waktu setempat.

Untuk jendela transfer musim dingin, Serie A bakal kembali membuka pada 4 Januari 2021 hingga 1 Februari mendatang.

Berbeda dengan Liga Inggris yang tampak banyak diwarnai proses transfer pemain baru, Liga Italia sendiri tidak terlalu banyak terjadi proses penandatanganan pemain anyar.

Inter Milan menjadi salah satu klub yang paling aktif dalam bursa transfer kali ini. Sejumlah amunisi anyar milik Il Nerazzurri di antaranya adalah Achraf Hakimi, Arturo Vidal, hingga Aleksandar Kolarov.

Tim asuhan Antonio Conte juga kedatangan pemainnya yang menjalani masa peminjaman pada musim sebelumnya, yakni Ivan Perisic serta Radja Nainggolan.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER PEMAIN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight