Info Beasiswa LPDP 2022

Kapan Beasiswa LPDP Dibuka & Bagaimana Cara Mendaftarnya?

Penulis: Abdul Hadi - 22 Feb 2022 19:40 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Info pembukaan beasiswa LPDP Tahap 1 adalah pada 25 Februari-27 Maret 2022. Apa syarat-syarat dan bagaimana cara mendaftarnya?
tirto.id - Pendaftaran beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) akan dibuka pada 25 Februari 2022. Calon pelamar dapat mempersiapkan berkas-berkasnya dari sekarang. Apa saja syarat-syarat yang diperlukan untuk mendaftar LPDP?

Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa prestisius yang ditunggu-tunggu scholarship hunter setiap tahunnya. Beasiswa dari pemerintah Indonesia ini diberikan kepada pemuda-pemudi Indonesia yang diharapkan dapat membangun tanah air di masa depan.

Secara umum, beasiswa LPDP diberikan secara penuh atau fully funded untuk pembiayaan pendidikan tinggi di dalam dan luar negeri.

Cakupan beasiswa LPDP sangat luas, mulai dari beasiswa untuk jenjang sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3). Jenis-jenis beasiswanya juga beragam, mulai dari beasiswa reguler, prasejahtera, kewirausahaan, dan sebagainya.

Setiap tahunnya, LPDP memberikan ribuan beasiswa bagi putra-putri bangsa. Berdasarkan laporan LPDP, tahun lalu pada 2021, LPDP memberikan beasiswa kepada 4.266 pendaftar yang diseleksi dari 15.446 pelamar.


Kapan Beasiswa LPDP 2022 Dibuka?


Pada 2022, LPDP akan membuka pendaftarannya dalam dua gelombang sebagai berikut:

Jadwal LPDP Gelombang 1

  • Pendaftaran Beasiswa (25 Februari-27 Maret 2022)
  • Seleksi Administrasi (28 Maret-11 April 2022)
  • Seleksi Bakat Skolastik (18 April-22 April 2022)
  • Seleksi Substansi (16 Mei-25 Juli 2022)

Jadwal LPDP Gelombang 2


  • Pendaftaran Beasiswa (4 Juli-5 Agustus 2022)
  • Seleksi Administrasi (8 Agustus-19 Agustus 2022)
  • Seleksi Bakat Skolastik (29 Agustus-10 September 2022)
  • Seleksi Substansi (26 September-4 November 2022)

Bagi calon pelamar yang sudah siap dapat segera mendaftar LPDP di gelombang pertama.

Sebagai catatan, selalu pantau informasi lanjutan dari pihak LPDP, baik itu melalui situs web resmi, akun Instagram, atau media sosial lainnya.

Syarat Umum Beasiswa LPDP 2022


Secara umum, terdapat sejumlah ketentuan bagi calon pelamar beasiswa LPDP, mulai dari syarat usia hingga berkas administrasi lainnya.

Syarat-syarat umum calon pelamar LPDP 2022 adalah sebagai berikut.

  • Bagi pelamar jenjang sarjana, ketentuan batas usia pada 31 Desember 2022 paling tinggi berusia 22 tahun.
  • Bagi pelamar jenjang magister harus memenuhi ketentuan batas usia pendaftar pada 31 Desember 2022 pendaftaran maksimal berusia 35 tahun.
  • Pendaftar jenjang pendidikan doktor berusia paling tinggi 40 tahun pada periode yang sama.
  • Pendaftar diwajibkan mengunggah dokumen IPK dengan ketentuan magister wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang- kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  • Pendaftar jenjang doktor wajib memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya, sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara, yang dibuktikan dengan transkrip nilai yang asli atau telah dilegalisir.
  • Persyaratan bahasa Inggris dengan skor TOEFL ITP 500 atau IELTS 6.0 (LPDP reguler dalam negeri), IELTS 6.5 atau setara (LPDP reguler luar negeri), TOEFL ITP 450 (LPDP afirmasi dalam negeri), IELTS 6.0 atau TOEFL ITP 500 atau IELTS 6.0 (LPDP afirmasi luar negeri).
  • Khusus untuk pendaftar jenjang doktor dari program magister penelitian tanpa IPK, wajib melampirkan surat keterangan dari perguruan tinggi asal. Bagi lulusan luar negeri wajib melampirkan hasil konversi IPK yang dikonversi.
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler. Tidak diperuntukkan untuk kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi, atau kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP.

Di sisi lain, ada juga ketentuan lainnya berdasarkan sektor beasiswa LPDP yang disediakan Kemenkeu.

Persyaratan untuk pendaftar beasiswa LPDP Reguler akan berbeda dari LPDP Afirmasi. Demikian juga bagi LPDP Targeted Group yang mensyaratkan dokumen berbeda-beda.

Selain itu, universitas pilihan yang akan dituju mahasiswa juga ditentukan oleh pihak LPDP.

Dengan demikian, peserta diharapkan membaca syarat-syarat dan ketentuan LPDP secara cermat agar tidak keliru dalam mendaftar beasiswa ini. Informasi lengkapnya dapat dicek langsung pada tautan di sini.


Cara Mendaftar Beasiswa LPDP 2022


Seleksi beasiswa LPDP terdiri dari 3 tahap, yakni seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik (semacam Tes Potensi Akademik), dan seleksi substansi (wawancara).

Cara pertama untuk mendaftar beasiswa LPDP adalah dengan melakukan registrasi akun di situs LPDP di sini.

  1. Buka situs https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  2. Pilih skema beasiswa yang ingin dituju
  3. Klik "Daftar"
  4. Tekan "Buat Akun Baru"
  5. Isi data dan lengkapi formulir yang dipersyaratkan LPDP
  6. Submit aplikasi pendaftaran untuk memperoleh kode registrasi/pendaftaran
  7. Unggah berkas-berkas persyaratan satu per satu sebelum tenggat waktu berakhir

Sebagai saran, calon pelamar dapat segera membuat akun LPDP segera, bahkan sebelum beasiswanya dibuka.

Selanjutnya, pengisian formulir dapat dicicil dari sekarang. Bagaimanapun juga, syarat dokumen dari LPDP cukup banyak. Mengunggah dokumen secara bersamaan akan banyak memakan waktu.


Baca juga artikel terkait BEASISWA LPDP 2022 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora

DarkLight