Kapan AoT Final Season Tamat & Daftar Episode Attack on Titan S4

Oleh: Fitra Firdaus - 23 Maret 2021
Dibaca Normal 2 menit
Anime Attack on Titan: Final Season eps 16 sub Indo akan tayang pada Senin 29 Maret 2021. Berikut daftar episode Aot S4.
tirto.id - Episode 16 anime Attack on Titan: Final Season (S4) "Tenchi" akan tayang pada Senin, 29 Maret 2021. Sesuai judulnya, episode terbaru AoT ini mengadaptasi Shingeki no Kyojin Chapter 116. Apakah ini akhir dari AoT Season 4?

Anime Attack on Titan S4 yang digarap oleh studio MAPPA adalah adaptasi manga karya Hajime Isayama untuk Arc Marley (Chapter 91–106) dan War for Paradis (Chapter 107–116).

Manga Shingeki no Kyojin sendiri berakhir pada Chapter 139 yang akan dirilis pada April 2021 ini, atau seminggu sejak penayangan AoT S4 Episode 15. Dengan demikian, masih ada sisa 23 chapter lagi yang belum diangkat ke versi anime.

Pada musim sebelumnya, Attack on Titan Season 3 dibagi ke dalam 2 bagian besar. Belum diketahui apakah AoT S4 akan mengikuti format tersebut, yang berarti akan ada Aot Final Season bagian 2 untuk Chapter 117 hingga 139 atau tidak.

Episode "Tenchi" sendiri adalah kunci dalam perang Marley melawan Eldia yang ada di Pulau Paradis. Judul episode ini demikian karena menggambarkan posisi Eren Yeager yang mendongak ke atas menghadapi serangan udara Marley pimpinan Jenderal Theo Magath.

Sinopsis Attack on Titan S4 Episode 15


Episode 15 AoT: Final Season "Yuuitsu no Sukui" dengan takarir (subtitle) bahasa Indonesia sudah dapat ditonton melalui live streaming iQIYI sejak Senin, 22 Maret 2021. Episode ini merupakan adaptasi Chapter 114 dan sebagian chapter 115 manga Shingeki no Kyojin.

Dalam episode ini, Zeke Yeager mengenang masa lalu saat masih berada di Liberio, bersama ayah dan ibunya: Grisha Yeager dan Dina Fritz. Sebagaimana orang Eldia lain, Gisha, Dina, dan Zeke mendapat cemoohan dan perundungan dari bangsa Marley yang menganggap mereka iblis.

Dalam rencana Grisha, Zeke diharapkan untuk menjadi prajurit istimewa tentara Marley. Dengan demikian, Zeke akan berhak menjadi pewaris salah satu Kokonotsu no Titan (9 Titan).

Grisha mencekoki Zeke paham tentang kekejaman Marley kepada Eldia. Ia bertujuan agar Zeke tidak goyah ketika memiliki titan, dan menjadi kunci untuk kebangkitan Eldia atas Marley.

Namun, yang tidak diduga oleh Grisha, ternyata Zeke tidak tertarik jadi prajurit. Zeke tertinggal dari yang lain ketika berlatih tempur sebagai kadet.

Di sisi lain, dalam tekanan batin mengetahui orangtuanya punya rencana gelap terhadapnya, Zeke bertemu dengan Tom Ksaver, pewaris Beast Titan yang bekerja sebagai ilmuwan.

Dari Tomlah Zeke kemudian memiliki ide untuk "mengkhianati" ayah-ibunya, membongkar rencana mereka, sehingga Grisha dan Dina dihukum. Kelak Dina diubah menjadi titan, lantas pada kemudian hari memakan ibu Eren Yeager.

Sementara itu, jauh sebelum peristiwa Dina memakan ibu Eren, Grisha yang lolos dari penyuntikan serum titan murni massal, kemudian hilang ingatan dan masuk ke Paradis. Di sana, ia menikah, dan lahirlah Eren. Antara Zeke dan Eren ada hubungan saudara tiri.

Kembali ke Zeke, ia kemudian diangkat sebagai anak oleh Tom Ksaver, lantas mewarisi Beast Titan darinya.

Zeke tidak hanya mewarisi Beast Titan dari Ksaver, tetapi juga cita-citanya. Oleh karena itu, Zeke kemudian mencari Eren dan bertukar pendapat tentang cara menghadapi masa depan Eldia.

Baik Zeke maupun Eren sepakat soal ini. Eren berkata, dialah yang akan mengakhiri 2000 tahun sejarah hidup manusia didominasi oleh Titan.

Kenangan masa lalu itu mengantar Zeke kembali ke kesadaran saat ini, ketika ia diangkut oleh Kapten Levi Ackermann.

Di tubuh Zeke, tertancap Thunder Spear yang sewaktu-waktu bisa meledak jika pemicunya ditarik. Zeke menjelaskan kepada Levi, tujuannya bukanlah untuk melenyapkan orang demi orang. Sebaliknya ia mencegah agar anak-anak tidak berdosa dari kaum Eldia lahir ke dunia ini dengan ide euthanasia.

Thunder Spear akhirnya benar-benar meledak, dan Levi kelak diketahui mengalami cedera hebat akibat kejadian ini.


Preview Episode 16 Attack On Titan S4


Episode 16 Attack on Titan, jika melihat judulnya, akan mengadaptasi akhir Chapter 115 dan 116 AoT sekaligus.

Dalam episode kali ini akan terungkap pergerakan tidak terduga dari Pieck Finger yang menyelusup masuk ke Paradis. Ini adalah bagian dari rencana Marley untuk melakukan serangan balasan atas yang terjadi di Liberio.

Sementara itu, Eldia terlibat dalam konflik internal sendiri. Siapa sebenarnya Yelena akan diketahui oleh Survey Corps. Di sisi lain, percakapan Mikasa dan Armin soal Eren membuat Jean berpikir lain. Menurutnya, Eren pasti menyembunyikan sesuatu alih-alih berkata membenci Mikasa tanpa alasan.

Episode 16 AoT S4 ini dapat ditonton melalui streaming iQIYI lengkap dengan takarir bahasa Indonesia pada Senin, 29 Maret 2021 mulai pukul 01.00 WIB.


Daftar Episode Anime AoT S4


Berikut ini daftar episode AoT Season 4 hingga Senin, 29 Maret 2021.


EP.
Total
Ep.
S4
Judul
60 1 "The Other Side of the Sea"/"Umi no Mukōgawa"
61 2 "Midnight Train"/"Yamiyo no Ressha"
62 3 "The Door of Hope"/"Kibō no Tobira"
63 4 "From One Hand to Another"/"Te Kara Te e"
64 5 "Declaration of War"/"Sensen Fukoku"
65 6 "The War Hammer Titan"/"Sentsui no Kyojin"
66 7 "Assault"/"Kyōshū"
67 8 "Assassin's Bullet"/"Kyōdan"
68 9 "Brave Volunteers"/"Giyūhei"
69 10 "A Sound Argument"/"Seiron"
70 11 "Deceiver"/Itsuwari Mono"
71 12 "Guides"/"Michibiku Mono
72 13 "Children of the Forest"/"Mori no Kora"
73 14 "Savagery"/"Bōaku"
74 15 "Sole Salvation"/"Yuiitsu no Sukui"
75 16 Above and Below"/"Tenchi"

Baca juga artikel terkait ANIME ATTACK ON TITAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Film)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight