Kantor Gubernur Sulbar di Majene Roboh akibat Gempa Magnitudo 6,2

Oleh: Gilang Ramadhan - 15 Januari 2021
Kontributor foto Antara, Akbar Tado melaporkan bahwa bangunan Kantor Gubernur Sulbar berlantai empat itu nyaris rata dengan tanah.
tirto.id - Bangunan Kantor Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) yang terletak di Mamuju roboh akibat goncangan gempa bermagnitudo 6,2 yang terjadi pada Jumat pukul 01.28 WIB.

Kontributor foto Antara, Akbar Tado melaporkan bahwa bangunan Kantor Gubernur Sulbar berlantai empat itu nyaris rata dengan tanah.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengonfirmasi soal robohnya gedung Kantor Gubernur Sulawesi Barat.

Selain itu, gedung Rumah Sakit Mitra Manakarra Mamuju juga roboh. Dilaporkan banyak pasien terjebak dalam reruntuhan bangunan. Pasien yang selamat langsung dievakuasi ke lokasi yang dianggap aman.

Mall Mamuju dan bangunan pusat perbelanjaan lainnya juga terlihat rusak di sejumlah bagian. Hingga saat ini, petugas masih menyisir lokasi terdampak gempa guna mengevakuasi korban.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majene, gempa memicu tanah longsor di tiga titik di sepanjang poros jalan Majene-Mamuju sehingga menyebabkan akses jalan terputus dan merusak 62 rumah rusak, satu puskesmas, serta bangunan Kantor Danramil Malunda.

BPBD sudah mendata dan mengevakuasi warga yang terdampak bencana serta mendirikan tempat pengungsian. Menurut laporan BPBD, korban bencana membutuhkan bantuan pangan pokok, selimut, tikar, tenda, terpal, serta pelayanan medis.



Baca juga artikel terkait GEMPA MAMUJU atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight