Kangin Memutuskan Keluar dari Super Junior karena Rasa Bersalah

Oleh: Nuraini Ika - 11 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kangin mengundurkan diri dari Super Junior karena merasa bersalah atas sejumlah skandal yang melibatkan dirinya dan para personel SUJU yang lain.
tirto.id - Kim Young Woon atau Kangin mengundurkan diri dari boy group Super Junior (SUJU) yang selama 14 tahun telah membesarkan namanya. Pengunduran diri Kangin ia sampaikan lewat akun Instagram @kanginnim pada Kamis (11/7/2019).

Kangin mengunggah gambar warna hitam dengan keterangan yang menjelaskan pengunduran dirinya dari Super Junior.

“Hatiku sedih kerena ini bukan kabar yang baik, tapi aku mengunggahnya setelah pertimbangan panjang. Sekarang aku melepaskan nama ‘Super Junior’ yang telah bersamaku dalam waktu lama,” tulis Kangin.


Kangin menyatakan, ia keluar karena merasa bersalah saat melihat personel SUJU lainnya terseret ke dalam setiap masalah yang ia perbuat.

“Saya pikir saya tidak bisa mengambil keputusan sendirian. Namun, ketika melihat para anggota harus mengalami apa yang seharusnya tidak mereka alami karena masalah saya, saya tidak dapat mempertimbangkan ini lebih jauh,” terang Kangin.

Kangin juga menyampaikan terima kasih kepada para personel SUJU dan agensi SM Entertainment yang telah mendukungnya selama ini.

“Saya benar-benar berterima kasih kepada personel [SUJU] dan anggota keluarga yang memperhatikan saya sampai akhir. Saya juga akan mendukung keberhasilan Super Junior,” lanjutnya.

Pria berusia 34 tahun ini menyampaikan permintaan maaf kepada E.L.F (penggemar SUJU) dan berterima kasih telah mendukungnya dalam waktu lama.

“Saya merasa paling meminta maaf kepada E.L.F. yang selalu memberikan cinta yang luar biasa selama 14 tahun. Aku akan terus mendukung Super Junior agar lebih sukses ke depannya,” tutup Kangin.

The Korea Herald mewartakan, Kangin debut bersama SUJU pada 2005. Selama 14 tahun karier bersama SUJU, Kangin telah beberapa kali terjerat serangkaian skandal kriminal.

Kasus pertama terjadi pada 2009, di mana ia terlibat dalam perkelahian di sebuah bar, daerah Gangnam, Seoul.

Tak selang lama, ia kembali berurusan dengan hukum setelah menabrak sebuah taksi yang sedang parkir dan melarikan diri. Namun, ia akhirnya menyerahkan diri enam jam kemudian dan memiliki residu alkohol 0,082 persen dalam darahnya.

Kangin kemudian memutuskan masuk wajib militer (wamil) pada 2 Juli 2010 dan menyelesaikannya pada April 2012.

Selepas keluar Wamil, tiga tahun kemudian ia kembali terjerat masalah karena mangkir dari kewajiban hadir dalam sesi pelatihan militer selama 72 jam. Pada 2016, Kangin kembali terlibat skandal yakni tabrak lari dalam pengaruh alkohol.


Baca juga artikel terkait K-POP atau tulisan menarik lainnya Nuraini Ika
(tirto.id - Musik)


Penulis: Nuraini Ika
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Nuraini Ika