Kang Daniel Masuk 3 Nominasi Seoul Music Awards 2020 pada Januari

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kang Daniel mendapat tiga nominasi di Seoul Music Awards 2020.
tirto.id - Penyanyi solo Kang Daniel mendapat tiga nominasi di ajang penghargaan Seoul Music Awards ke-29. Pada Senin (9/12/2019), SMA mengumumkan nominasi untuk Main Award, Rookie Award, Ballad Award, R&B/Hip Hop Award, OST Award, Dance Performance Award, Popularity Award, dan K-Wave Award of the 29th SMA.

Kang Daniel masuk dalam nominasi Dance Performance Award untuk lagu "TOUCHIN". Ia bersaing dengan sederet penyanyi lain seperti Chungha “Gotta Go”, Ha Sung Woon “BLUE”, Hwasa (MAMAMOO) “twit”, Jeon Somi “BIRTHDAY”, Kim Jin Woo (WINNER) “Call Anytime” (Feat. Song Mino), dan lain-lain.

Daniel juga masuk dalam nominasi Main Award untuk album color on me dan Popularity Award (untuk Korea) and K-Wave Award (untuk di luar Korea) dengan album yang sama, color on me, demikian sebagaimana diwartakan Soompi.

Penggemar Kang Daniel dan para idol lain bisa melakukan voting untuk mulai hari ini. Voting bisa dilakukan melalui aplikasi resmi dan akan dilakukan hingga 22 Januari 2020. Setiap pengguna hanya boleh memberi lima suara per kategori per hari. Kriteria untuk pemenang adalah sebagai berikut ini.
  • Main, Rookie, Ballad, R & B / Hip Hop, OST, dan Dance Performance Awards - 40% panel juri dan komite penyelenggara SMA, 30% penjualan album dan lagu (menurut Gaon Chart), 30% voting.
  • Popularity Award - 100% voting Korea.
  • Popularity K-Wave Award - 100% voting dari luar Korea.
  • Band, Performance Culture, Discovery of the Year, dan Judge’s Special Awards - panel juri 100% dan komite penyelenggara SMA.
Sementara itu, Kang Daniel saat ini sedang berhenti sementara dari semua kegiatannya di dunia hiburan. KONNECT Entertainment mengungkapkan pada Rabu (4/12/2019) Kang Daniel sedang menjalani pengobatan depresi dan gangguan panik, sehingga promosi untuk lagu terbarunya “TOUCHIN” akan dihentikan.

“Sejak awal tahun ini, Kang Daniel mendatangi rumah sakit karena kondisi kesehatannya yang memburuk yang disebabkan penurunan daya tahan tubuh. Melalui pemeriksaan secara menyeluruh, Kang Daniel didiagnosa menderita depresi dan gangguan panik,” ujar perwakilan KONNECT, seperti dikutip Soompi.

KONNECT juga menjelaskan, setelah didiagnosa menderita gangguan panik, saat ini, Kang Daniel secara teratur meminum obat-obatan dan juga menerima perawatan mental.

"Baru-baru ini, ia telah menunjukkan gejala gangguan kecemasan yang semakin parah. Oleh sebab itu, kami memutuskan bahwa istirahat yang cukup dan stabilitas merupakan prioritas utama untuk kesehatan dan keselamatan artis kami,” imbuh KONNCET.

Selain itu, Kang Daniel juga telah membatalkan jadwal syuting untuk acara musik Show Champion di MBC yang dijadwalkan pada Rabu (4/12/2019) pagi.

KONNECT juga menyatakan, kondisi Kang Daniel saat ini tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan seperti biasanya, sehingga aktivitas promosi untuk single baru "TOUCHIN'" sepertinya akan sulit dilakukan.

"Kami akan mengerahkan segala kekuatan kami dan mendukung pemulihan Kang Daniel. Keadaan ini kembali menyadarkan kami sebagai agensi untuk selalu melindungi artis kami. Selain itu, kami juga mohon untuk tidak berspekulasi dan menciptakan kesalahpahaman tentang kesehatan Kang Daniel serta rencana kegiatannya di masa depan,” ujar KONNECT.


Baca juga artikel terkait SEOUL MUSIC AWARDS 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight