Kalikangkung-Cikampek Ramai Lancar, Polisi: Tak Ada Rekayasa Lalin

Reporter: Adi Briantika - 9 Mei 2022 14:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
hasil pemantauan hingga pukul 12.00 WIB, Senin, 9 Mei 2022 ruas Tol Kalikangkung KM 414 - Palimanan KM 188 terpantau ramai lancar.
tirto.id - Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan arus lalu lintas dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek terpantau ramai lancar. Hal itu berdasar hasil pemantauan hingga pukul 12.00 WIB, Senin, 9 Mei 2022.

"Ruas Tol Kalikangkung KM 414 sampai Tol Palimanan KM 188, Tol GT Cikampek KM 70 dan KM 47 Tol Cikampek arah Jakarta dan Jawa menggunakan lajur atau ruas tol secara normal, arus lalu lintas ramai lancar," ujar Dedi via keterangan tertulis.

Kepolisian memperkirakan waktu tempuh dari Kalikangkung, Palimanan, Cikampek sekira 5 jam 10 menit. Untuk itu, hari ini Polri tak menerapkan rekayasa lalu lintas di jalan tol. "Tidak diterapkan satu arah dan lawan arah," imbuh Dedi.

Sementara situasi arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Trans Jawa saat ini volume dalam keadaan normal serta tidak mengalami kemacetan dan kepadatan.

Berdasar catatan PT Jasa Marga selama pemberlakuan sistem satu pada periode arus mudik dan balik lebaran tahun ini, jumlah kendaraan per jam tertinggi di gerbang tol utama dari Semarang menuju arah Jabotabek.

Contohnya, di GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang terdapat volume transaksi yang mencapai 5.068 kendaraan per jam; di GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama mencapai 9.090 kendaraan per jam.

"Jasa Marga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan kesabaran pengguna jalan dalam mewujudkan perjalanan mudik dan balik pada periode Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang aman dan sehat. Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan yang terdampak pemberlakuan satu arah di arah sebaliknya," kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru.




Baca juga artikel terkait ARUS BALIK LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight