Copa America 2019

Kalah dari Brasil, Lionel Messi Nilai Wasit Dukung Tim Samba

Oleh: Gilang Ramadhan - 3 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Argentina kalah 0-2 dari Brasil di babak semifinal Copa America 2019 pada Rabu (3/7/2019) di Stadion Mineirao, Belo Horizonte.
tirto.id - Lionel Messi menilai wasit dalam laga semifinal Brasil vs Argentina yang berlangsung pada Rabu (3/7/2019) di Stadion Mineirao, mendukung tuan rumah. Argentina kalah dengan skor 2-0 lewat gol yang dicetak Gabriel Jesus menit 19 dan Roberto Firmino 20 menit jelang laga usai.

Brasil sudah unggul pada menit 19 melalui sepakan jarak dekat Gabriel Jesus. Sementara proses gol kedua Brasil pada menit 71 terjadi melalui serangan balik cepat yang dipimpin oleh Gabriel Jesus dan berujung gol Roberto Firmino menjadi sorotan Messi.

Menurut Messi, terjadi pelanggaran terlebih dahulu terhadap Sergio Aguero di area penalti Brasil tepat sebelum gol Roberto Firmino tercipta.

"Mereka tidak lebih baik dari kita. Mereka mencetak gol lebih awal dan gol kedua datang dari penalti [untuk Aguero] yang tidak mereka [wasit] hiraukan," keluh Messi seusai pertandingan kepada wasit Roddy Zambrano.

"Mereka memberi banyak kartu kuning dengan alasan tak masuk akal, tetapi mereka bahkan tidak memeriksa VAR, itu luar biasa. Itu terjadi di sepanjang pertandingan. Sejak awal, mereka memutuskan mendukung [Brasil] dan omong kosong seperti ini mengalihkan perhatian kita dari permainan."

"Tidak ada alasan untuk kami, tetapi kita perlu meninjau ini, menganalisisnya dan mari kita berharap CONMEBOL melakukan sesuatu tentang itu," tandas kapten timnas Argentina itu.



Argentina unggul dalam jumlah tembakan dengan total 2 shot on target dan 6 tendangan yang masih belum menemui sasaran. Sedangkan Brasil hanya memiliki 4 peluang, tetapi 3 di antaranya mengarah ke gawang Argentina yang dijaga Franco Armani.

Dua kali peluang Argentina dihalangi tiang dan mistar gawang. Pada menit 30, Sergio Aguero berhasil menyambut umpan tendangan bebas Lionel Messi dengan tandukan. Namun bola masih membentur mistar gawang Brasil. Kedua melalui sepakan jarak dekat Lionel Messi yang masih membentur tiang gawang Alisson Becker.

Hasil ini menjadi kegagalan kesembilan Lionel Messi membawa Argentina juara di turnamen mayor. Dua edisi Copa America sebelumnya, Tim Tango berhasil melaju hingga ke babak final.

Sementara itu, Brasil memastikan diri lolos ke final Copa America untuk pertama kalinya sejak 2007. Saat itu, Brasil berhasil merengkuh gelar Copa America kedelapannya dengan menumpas Lionel Messi dan kolega dengan skor 3-0.

Brasil masih menunggu pemenang laga antara Chile dan Peru untuk menjadi lawan selanjutnya.

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Gilang Ramadhan
DarkLight