KAI Sediakan KRL Feeder Cegah Kepadatan di Stasiun Manggarai

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 30 Mei 2022 15:47 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengurangi kepadatan pengguna KRL di Stasiun Manggarai, KAI memberlakukan KRL Feeder di jam sibuk.
tirto.id - Perubahan rute KRL oleh KAI Commuter membuat Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan sebagai stasiun sentral mengalami penumpukan penumpang sejak Sabtu (28/5/2022). Guna mengurai kepadatan pengguna KRL, Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menuturkan telah memberlakukan KRL Feeder di jam sibuk.

Dia merinci untuk relasi Manggarai - Angke/Kampung Bandan pp di jalur 7 dimulai pukul 6.30-09.00 WIB. Kemudian KRL tujuan Bekasi/Cikarang dari Tanah Abang di jalur 9. Penambahan petugas untuk mendampingi dan mengarahkan pengguna KRL juga disiapkan. Diharapkan, bisa melakukan perbaikan pola operasi dan stabling KRL, serta pengoptimalan rangkaian KRL.

"Kami telah menambah petugas dan menyiapkan papan petunjuk arah untuk mengarahkan, mengatur antrean, serta membantu menjelaskan kepada pengguna KRL yang masih kebingungan," ungkapnya dalam keterangan resmi, Senin (30/5/2022).

Sementara itu, Didiek mengimbau kepada seluruh pengguna KRL untuk dapat beradaptasi dengan pola operasi baru. Seperti berangkat lebih awal.

Pengguna KRL juga dapat menggunakan rute KRL alternatif untuk menuju stasiun tujuan. Dia mencontohkan seperti penumpang yang akan ke Kampung Bandan terlebih dahulu bisa menuju Jakarta Kota.

Selain itu, pengguna KRL juga dapat memanfaatkan layanan transportasi terintegrasi pada beberapa stasiun yang sudah terkoneksi dengan Bus Transjakarta. Seperti Stasiun Tebet, Klender, Duren Kalibata.

Pengguna KRL diimbau tetap mengikuti arahan petugas dan menjaga protokol kesehatan, serta memperhatikan barang bawaan masing-masing.

"Kami telah melakukan persiapan semaksimal mungkin dalam rangka pengaturan pengguna KRL di stasiun dan kereta. Evaluasi juga dilakukan secara rutin serta menerapkan langkah-langkah antisipatif agar pelayanan KRL dapat berjalan semakin lancar dan tertib," tandasnya.




Baca juga artikel terkait RUTE KRL atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight