Putar Lagu di Lampu Merah,

Kadishub Depok: Pengamen akan Diberi Ruang Kreasi di Terminal

Oleh: Riyan Setiawan - 17 Juli 2019
Kadishub Depok mengatakan akan memberikan ruang kreasi di terminal bagi para pengamen saat Pemkot Depok memutar lagu di lampu merah untuk mengurangi stres.
tirto.id -
Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Depok, Dadang Wihana mengatakan untuk memberdayakan para pemain musik jalanan yang biasa mengamen di lampu merah Depok, akan disediakan tempat untuk berkreasi di setiap terminal Depok.

Sehingga kata dia, para pemain musik jalanan itu bisa lebih tertib dan diberi tempat yang manusiawi, yakni tidak di jalanan lampu merah lagi.

Hal tersebut menanggapi terkait nasib para pengamen jalanan ketika kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang memutar lagu di lampu merah untuk mengurangi stres.

"Kami berikan spot di terminal, agar mereka bisa tampil secara elegan dan manusiawi. Kami berdayakan mereka," ujarnya kepada Tirto, Selasa (16/7/2091).

Dirinya menuturkan, para pemain musik jalanan itu nantinya akan disediakan ruang ekspresi berupa pemasangan tenda yang berlokasi di terminal-terminal tersebut. Agar nantinya para pengamen jalanan tersebut mampu menampilkan karyanya dan mencari juga pundi-pundi rupiah.

Namun untuk perlengkapan bermain musik lainnya, seperti gitar, drum, sound sistem dan lainnya tak disediakan oleh Pemkot Depok.

Dadang mengatakan, peralatan musik tersebut dibawa oleh para musisi jalanan itu sendiri.

"Mereka bawa sendiri [perlengkapan musik]," pungkasnya.


Baca juga artikel terkait PEMUTARAN LAGU DI LAMPU MERAH atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight