Kader Golkar Wacanakan Airlangga Hartarto Calon Presiden 2024

Reporter: Antara - 20 Oktober 2020
Kader Golkar di daerah mewacanakan pencalonan Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024.
tirto.id - Ketua Umum Partai Golongan Karya, Airlangga Hartarto disebut layak maju sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 kelak.

Ketua Pemenangan Pemilu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta Golkar M Iqbal Wibisono mengatakan, "Kemenangan demi kemenangan setiap pemilu menjadi tolok ukur Golkar diterima, dipilih, dan dipercaya rakyat," kata Iqbal, melansir Antara, Selasa (20/10/2020).

Airlangga saat ini menjabat Menteri Koordinator Perekonomian dan putra dari mendiang Menperin Hartarto pada era Orde Baru, dinilainya, jadi nilai plus untuk maju sebagai calon presiden.

"Untuk meraih masa-masa kejayaan itu, kader sebagai ujung tombak Partai Golkar harus meyakini momentum Pemilu 2024 menjadi sebuah keniscayaan bagi kemenangan Partai Golkar," kata Iqbal.

Hari ini, 20 Oktober, Golkar genap berumur 56 tahun, menjadikannya salah satu partai tertua di Indonesia. Orde Baru yang bertahan hingga 32 tahun menjadikan Golkar menguasai Indonesia.

Bersamaan dengan hari kelahiran partai berlambang pohon beringin, 4 juta masker dibagikan kepada pengurus Golkar di 270 daerah Indonesia. Dalam rangkaian acara, petinggi Golkar ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Senin malam.

Setelah Orde Baru tumpang dengan lengsernya Soeharto setelah 32 berkuasa, belum ada lagi presiden dari Golkar. Dalam empat periode kepresidenan, hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Demokrat yang menjadi pemenang pemilihan presiden. Kendati demikian, petinggi Golkar banyak yang menjadi menteri dalam pemerintahan Indonesia era reformasi.




Baca juga artikel terkait PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Antara
Editor: Zakki Amali
DarkLight