KA Argo Sindoro Tabrak Mobil, Simak Daftar Rute KRL yang Terdampak

Reporter: Selfie Miftahul Jannah - 21 Jun 2022 18:23 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kereta Api (KA) Argo Sindoro Relasi Semarang-Gambir menabrak mobil mengakibatkan sejumlah perjalanan KA Cikarang-Tambun ditutup.
tirto.id - Perjalanan KRL terdampak imbas Kereta Api (KA) Argo Sindoro Relasi Semarang-Gambir menabrak kendaraan roda empat di KM 33+700 antara Stasiun Cikarang-Stasiun Tambun pada pukul 10.25 WIB. Akibat kejadian tersebut, perjalanan kereta api pada lintas Cikarang-Tambun maupun sebaliknya sempat ditutup untuk proses evakuasi.

"Saat ini petugas terkait di lokasi telah berhasil melakukan proses evakuasi kendaraan yang menemper tersebut. Perjalanan KA pada lintas tersebut sudah kembali normal mulai pukul 12.34 WIB, namun masih dalam proses penguraian antrean perjalanan KA. Imbas kendala operasional tersebut KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi pelayanan perjalanan," jelas Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan, Selasa (21/6/2022).

Sejumlah rekayasa operasi perjalanan diantaranya KRL 5529 relasi Cikarang-Kampung Bandan perjalanannya tidak dilanjutkan, dan kembali ke Stasiun Cikarang.

Kemudian KRL 6022 Relasi Kampung Bandan-Cikarang perjalanannya hanya sampai Stasiun Tambun, untuk kembali menjadi KRL 5531 dengan relasi Tambun-Kampung Bandan.

Selanjutnya, ada KRL 6026 Relasi Kampung Bandan-Cikarang perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk kembali menjadi KRL 5529 dengan relasi Bekasi-Kampung Bandan.

Terakhir ada KRL 6028 Relasi Kampung Bandan-Cikarang perjalanannya hanya sampai Stasiun Bekasi, untuk kembali menjadi KRL 5043 dengan relasi Bekasi-Angke.

Sebelumnya, Kereta Api (KA) Argo Sindoro relasi Semarang-Gambir menabrak mobil di perlintasan liar KM 34+4/5 petak jalan Cikarang-Tambun, Selasa (21/6) pukul 10.54 WIB.

PT KAI Daop 1 Jakarta sangat menyesalkan kejadian tersebut. Kejadian tabrakan mobil dengan KA Argo Sindoro mengakibatkan kerusakan pada sarana dan prasarana KA, salah satunya kerusakan motor wessel.

Selain kerusakan prasarana KA, kejadian tersebut juga menyebabkan perjalanan terhambat karena terdapat sejumlah KA Jarak Jauh dan KRL yang belum dapat melintas selama proses evakuasi dilakukan.

Saat ini tim KAI Daop 1 Jakarta bersama pihak-pihak terkait dan masyarakat melakukan evakuasi terhadap mobil yang masih tersangkut di lokomotif KA Argo Sindoro.


Baca juga artikel terkait KECELAKAAN KERETA API atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight