Jubir TKN Nilai Tema Debat Pilpres Keempat Penting Bagi Jokowi

Oleh: Riyan Setiawan - 25 Maret 2019
TKN menilai tema pembahasan dalam Debat Pilpres 2019 Keempat bernilai penting bagi Jokowi.
tirto.id - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily menyatakan tema di Debat Pilpres 2019 Keempat penting bagi capres 01 karena terkait dengan kebijakan politik di dalam negeri dan internasional.

Debat Pilpres 2019 Keempat akan digelar pada 30 Maret 2019. Debat kali ini akan membahas tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional. Salah satu tema paling penting bagi Jokowi, kata Ace, adalah mengenai ideologi negara.

"Kita tahu Pak Jokowi memiliki prinsip dalam hal bagaimana menjaga ideologi kita yaitu Pancasila dan NKRI. Agar jangan sampai dirong-rong oleh ancaman, misalnya ideologi luar," kata Ace di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta pada Senin (25/3/2019).

Ace mencontohkan salah satu kebijakan Jokowi untuk menjaga ideologi negara adalah penerbitan Perppu Ormas untuk membubarkan ormas pemilik ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Itu sebagai bentuk komitmen yang kuat Pak Jokowi menjaga agar ideologi Pancasila menjadi salah satu di antara prinsip dasar dalam kehidupan bernegara kita," ujar Ace.


Politikus Golkar itu juga mengklaim Jokowi terus konsisten menjaga ideologi negara dengan tetap mengedepankan watak keislaman yang khas, yaitu Islam wasathiah datau Islam moderat.

"Itu merupakan salah satu di antara hal yang nanti akan menjadi kebijakan mainstream di dalam pemerintahan Jokowi pada lima tahun ke depan," ujar dia.

Selain itu, Ace menambahkan Jokowi berkomitmen memperkuat program revolusi mental pada lima tahun ke depan jika menang di Pilpres 2019.

"Bangsa ini [harus] maju, maka salah satu fondasi dasarnya membangun revolusi mental itu," ujar Ace.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Addi M Idhom