JPO Halte Tosari akan Dibongkar, Anies Jelaskan Alasannya

Oleh: Damianus Andreas - 4 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Pemprov DKI memutuskan untuk membongkar JPO Halte Tosari dan menggantikannya dengan pelican crossing.
tirto.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) yang terletak di depan Gedung Tosari ICBC, Jakarta Pusat.

JPO tersebut selama ini berfungsi sebagai akses untuk melintasi Jalan Jenderal Sudirman serta menuju ke Halte Tosari yang tak jauh dari Grand Indonesia dan Menara BCA.

“Untuk menuju halte nantinya akan menggunakan pelican crossing, dan tidak lagi menggunakan JPO. Sehingga untuk di Bundaran HI, baik di utara maupun selatan akan menggunakan pelican crossing,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan pada Selasa (4/12/2018).

Anies menyebut, pembuatan pelican crossing tersebut akan disusul dengan proyek perpanjangan Halte Tosari. Menurut rencana, pengerjaan untuk pembuatan pelican crossing akan mulai dilakukan pada Rabu (5/12/2018) besok.

Sejumlah pertimbangan dikatakan Anies turut mendasari keputusan tersebut. Salah satunya karena keberadaan JPO Halte Tosari dinilai memicu kemacetan jalan di sekitarnya.

“Selain ada yang turun dari Trans Jakarta, itu merupakan titik bertemunya kendaraan dari Jalan Imam Bonjol dengan yang dari Jalan MH Thamrin. Selain itu, kendaraan yang mangkal, ngetem, ambil penumpang, ada di satu lokasi,” kata Anies.


Oleh karena itu, Anies mengatakan solusi yang bisa dilakukan sebetulnya dengan memindahkan JPO ke depan Kedutaan Besar Jerman.

“Namun ketika digeser, akan jauh lebih efisien kalau itu menggunakan pelican crossing ketimbang memindahkan JPO,” ucap Anies.

Pembuatan pelican crossing dan pembongkaran JPO di depan Gedung Tosari ICBC ditargetkan selesai akhir Desember 2018. Tenggat itu sama dengan target penyelesaian revitalisasi tiga JPO di Jalan Jenderal Sudirman.

Anies menambahkan, selain revitalisasi JPO untuk Halte Polda, Halte Gelora Bung Karno, dan Halte Bundaran Senayan, Pemprov DKI juga akan tetap mempertahankan pelican crossing pada masing-masing titik tersebut. Selama proses revitalisasi tiga JPO itu, pelican crossing disediakan untuk akses menuju halte maupun menyeberang jalan.

“Selain melakukan penambahan pelican crossing, revitalisasi JPO diharapkan tidak hanya berfungsi untuk menyeberangkan, namun juga memiliki fungsi estetika,” ujar Anies.


Baca juga artikel terkait JPO atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight