Joseph Simatupang Ferguson Resmi Dikontrak Blackburn Rovers U-18

Oleh: Hendi Abdurahman - 6 Mei 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pemain berdarah Indonesia, Joseph Simatupang Ferguson resmi mendapatkan ikatan beasiswa oleh tim asal Inggris, Blackburn Rovers U-18.
tirto.id - Pemain muda usia 16 tahun berdarah Indonesia, Joseph Simatupang Ferguson resmi mendapatkan kontrak beasiswa bersama tim asal Inggris, Blackburn Rovers U-18. Sebelumnya, ia telah menimba ilmu di akademi klub Liga Inggris itu sejak berumur 11 tahun.

Luapan kegembiraan pun diumumkan Joseph dalam akun Instagram pribadinya. Lebih lanjut, ia berharap bahwa perkembangannya bersama Rovers dapat membuat kariernya semakin meningkat.

“Hari yang membanggakan bagi saya dan keluarga saya untuk menandatangani perjanjian kontrak beasiswa untuk Blackburn Rovers. Semoga hal-hal yang baik dan dan menyenangkan akan datang di masa depan,” katanya.

Sebagaimana diwartakan Fox Sports, dalam status kewarganegaraan yang dimilikinya, Joseph Simatupang Ferguson masih bisa menentukan timnas yang akan dibelanya di masa depan. Yakni antara Inggris atau Indonesia.

Namun, dengan usianya yang tergolong masih muda, perkembangannya menjadi yang utama sebelum memutuskan untuk memilih kewarganegaraan.

Dalam tabel klasemen Liga Utara Inggris U-18 wilayah Utara, Blackburn Rovers menempati posisi tujuh dari 12 tim. Mereka memiliki 30 poin hasil dari sembilan kemenangan, tiga kali seri, dan sepuluh kekalahan dalam 22 pertandingan. Posisi empat besar ditempati oleh Derby County, Liverpool, Everton dan Manchester United.

Sementara untuk tim senior, Rovers yang kini berlaga di Divisi Championship bercokol di peringkat 15 dengan perolehan poin 60 hasil dari 16 kali menang, 12 seri dan 18 kali kalah dalam 46 pertandingan. Skuat asuhan Tony Mowbray dipastikan bertahan di kompetisi level kedua Inggris untuk musim depan.

Dalam sejarah klub, Blackburn Rovers telah tiga kali menjadi juara Liga Inggris pada 1911/1912 dan 1913/1914. Sementara sejak era Premier League, klub yang berdiri pada 1875 itu telah mencicipi satu kali juara yakni pada musim 1994/1995. Saat itu, mereka menjadi yang terbaik setelah memiliki poin 89, unggul satu poin dari runner-up Manchester United yang menorehkan 88 poin.


Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus