Jokowi Tinjau Kesiapan 'New Normal' di Masjid Istiqlal

Oleh: Andrian Pratama Taher - 2 Juni 2020
Renovasi Masjid Istiqlal sudah 90 persen dan diperkirakan selesai awal Juli 2020.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat untuk meninjau kesiapan penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal.

Jokowi tiba di Istiqlal pukul 09:23 WIB, Selasa (2/6/2020), dengan mengenakan kemeja putih, peci hitam dan masker. Ia didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Jokowi mengatakan saat ini proses renovasi Masjid Istiqlal sudah 90 persen dan diperkirakan selesai awal Juli 2020. Akan tetapi, Jokowi belum bisa memastikan apakah Istiqlal langsung dibuka begitu renovasi rampung.

"Belum kami putuskan, tetapi tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof Nasaruddin bapak Imam Besar Masjid Istiqlal bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti pada bulan Juli, tetapi keputusannya ada nanti di bapak Imam Besar Masjid Istiqlal," kata Jokowi usai peninjauan.

Menteri Agama Fachrul Razi telah menerbitkan panduan tentang kegiatan keagamaan di rumah ibadah saat fase new normal. Salah satu aturan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 15/2020 itu mewajibkan rumah ibadah memiliki surat keterangan aman dari COVID-19.

Dalam fase new normal, Jokowi ingin masyarakat tetap beraktivitas, tetapi dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

"Penyebaran COVID-19 sampai saat ini di tanah air memang belum semua provinsi atau wilayah bisa kami dikendalikan. Oleh sebab itu, pembukaan untuk tempat ibadah, pembukaan aktivitas ekonomi, pembukaan untuk sekolah semuanya melalui tahapan-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva," kata Jokowi.

Selain rumah ibadah, Jokowi telah meninjau kesiapan new normal di Stasiun MRT Bundaran HI dan Summarecon Mall Bekasi pekan lalu.


Baca juga artikel terkait NEW NORMAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight