Kunjungan Kerja Luar Negeri

Jokowi Tiba di Ukraina: Agenda & Alasan Pakai Kereta Luar Biasa

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 29 Jun 2022 14:12 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi dan rombingan memilih menggunakan transportasi kereta untuk kunjungan ke Kyiv dari Polandia atas arahan Pemerintah Ukraina.
tirto.id - Presiden Joko Widodo telah tiba di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Jokowi dan ibu negara Iriana Widodo tiba Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Biro Pers, Media dan Istana Sekretariat Presiden, Rabu (29/6/2022) waktu Jakarta.

Saat tiba, Presiden Jokowi dan Iriana Widodo disambut langsung oleh Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kyiv.

Pada kunjungan di Ukraina, Jokowi dan Iriana akan melakukan serangkaian kegiatan seperti mengunjungi puing-puing kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Mantan Wali Kota Solo itu bersama ibu negara juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi akan menemui Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky.

Sementara pada sore hari, Presiden Jokowi, ibu negara dan rombongan akan kembali ke stasiun Central Kyiv untuk menuju ke Polandia dengan menggunakan kereta luar biasa (KLB).

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Bey Machmudin menuturkan, pemerintah memilih untuk menggunakan transportasi kereta untuk kunjungan ke Kyiv dari Polandia atas arahan Pemerintah Ukraina. Selain itu, penggunaan kereta juga dilakukan dalam kunjungan kenegaraan dari negara lain ke Ukraina.

“Pemilihan rute telah melalui pembahasan dengan pihak Ukraina. Rute ini juga digunakan oleh hampir semua pemimpin dunia yg berkunjung ke Kyiv," ujar Bey saat dikonfirmasi, Rabu (29/6/2022).

Kunjungan Jokowi Ke Ukraina
Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke Ukraina. foto/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden



Kunjungan Jokowi Ke Ukraina
Kunjungan Presiden Joko Widodo Ke Ukraina. foto/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz

DarkLight