Jokowi Tiba di Moskow Rusia, Segera Temui Putin di Kremlin

Reporter: Andrian Pratama Taher - 30 Jun 2022 18:40 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kunjungan ke Rusia ini merupakan upaya Indonesia untuk menyelesaikan konflik Ukraina-Rusia yang berperang sejak awal 2022.
tirto.id - Presiden Jokowi telah tiba di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Berdasarkan keterangan Biro Pers dan Media Istana Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022) waktu Jakarta, Jokowi tiba setelah perjalanan sekitar 2 jam dengan pesawat GIA-1 Garuda Indonesia dari Polandia dan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Tiba di Rusia, Jokowi dan rombongan langsung disambut pejabat Federasi Rusia antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov.

Duta Besar RI Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut kedatangan mantan Walikota Solo itu dan rombongan.

Dari bandara, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Zelensky Volodymyr Zelensky, di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina. Jokowi menegaskan kunjungan ini adalah bentuk kepedulian Indonesia kepada situasi Ukraina yang tengah menghadapi perang. Jokowi akan mendorong perdamaian tetapi tetap menghormati kedaulatan negara masing-masing.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ujar Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelensky selepas pertemuan di Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu 29 Juni 2022 waktu setempat.

Jokowi juga menekankan bahwa ia peduli pada dampak perang bagi kemanusiaan. Rakyat dan pemerintah Indonesia akan berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.



Baca juga artikel terkait JOKOWI KE RUSIA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight