Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Menteri PAN-RB Pengganti Tjahjo

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 14:48 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama untuk menduduki kursi Menteri PAN-RB setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama calon Menteri PAN-RB setelah Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu. Hal itu disampaikan langsung Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/8/2022).


"Saya enggak ngikutin. Tapi yang jelas sudah ada di beliau dan ini ranah ok mensesneg dengan pak seskab. Doain ada waktu untuk beliau bisa (melantik)," kata Heru.


Lebih lanjut, dia menuturkan lamanya penunjukan pengganti Tjahjo karena kesibukan Jokowi. Mulai dari kunjungan keluar negeri di Asia Timur maupun Eropa. Heru menjelaskan selama kunjungan, Jokowi menyiapkan materi dan beragam hal demi kelancaran kunjungan. Alasan kedua, Jokowi menyiapkan pidato kenegaraan dan perayaan 17 Agustus 2022.


"Mudah-mudahan beliau sempat lah untuk bisa memilih menteri yang memang akan dipilih pak presiden," ungkapnya.


Terkait pelantikan, Heru pun tidak mau membocorkan apakah akan digelar pada pekan depan. Pasalnya, Jokowi memiliki sejumlah agenda dalam waktu dekat. Dia pun merinci agenda yang akan dihadiri mantan Gubernur DKI Jakarta itu, mulai dari kunjungan ke Karawang, Jawa Barat hingga beberapa daerah lainnya.


"Kita usahakan karena beliau itu kan besok kan tanggal 18 kunjungan kerja. Besok kunker ke karawang. Terus Akhir agustus mungkin akan kunjungan ke daerah timur," pungkasnya.

Untuk diketahui, kursi Menpan RB diisi oleh pelaksana tugas menteri definitif. Hal itu karena Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jokowi menunjuk Menkopolhukam Mahfud MD sebagai pelaksana tugas.







Baca juga artikel terkait CALON MENPAN-RB atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight