Jokowi-Softbank Bertemu akan Bahas Investasi Hingga $108 Miliar

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 27 Juli 2019
Presiden Joko Widodo akan bertemu Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) SoftBank, Masayoshi Son, Senin (29/7/2019) untuk membahas rencana investasi hingga 108 miliar dolar AS.
tirto.id - Presiden Joko Widodo akan bertemu Chairman dan Chief Executive Officer (CEO) SoftBank, Masayoshi Son, Senin (29/7/2019). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pertemuan itu akan mendiskusikan mengenai kemungkinan Indonesia dapat kebagian kucuran dana dari investor kelas kakap.

Sepengetahuan Luhut ada pendanaan sejumlah 108 miliar dolar AS yang disediakan perusahaan asal Jepang itu. Namun, ia belum tahu seberapa besar porsi yang dapat diambil Indonesia dari dana dalam jumlah besar itu.

“Nanti Senin pertemuannya sama Presiden dan Masayoshi Son. Nanti itu kan dia bikin fund kedua 108 miliar dolar AS. Nanti berapa yang masuk ke Indonesia ya kita liat nanti,” ucap Luhut kepada wartawan saat ditemui di kantor Kemenko Kemaritiman pada Jumat (26/7/2019).



Luhut mengatakan sejauh ini ia cukup optimistis bahwa Indonesia bisa kebagian dana jumlah besar. Menurutnya, Indonesia tergolong menjanjikan karena memiliki cukup banyak kemampuan di bidang teknologi. Salah satunya, kata Luhut, termasuk perusahaan penyedia ojek online seperti Grab.

“Banyak sekali itu Grab juga ada. Nanti ada perusahaan di bidang teknologi banyak sekali. Indonesia lagi seksi menurut mereka [SoftBank] di bidang teknologi,” ucap Luhut.

Rincian dari pertemuan Senin nanti, Luhut mengatakan bahwa ia akan terlebih dahulu menemui Masayoshi dalam sebuah makan pagi. Selanjutnya mereka akan menemui Presiden Jokowi.

“Banyak saya liat di bidang teknologi anak muda. Nanti Senin (29/7/2019) saya makan pagi sama dia [Masayoshi]. Senin jam 8 [pagi] baru ke Presiden,” ucap Luhut.


Baca juga artikel terkait INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri
DarkLight