Jokowi Serukan Akses Setara terhadap Vaksin Corona di Sidang PBB

Oleh: Andrian Pratama Taher - 23 September 2020
Jokowi bilang vaksin menjadi "game changer" dalam perang melawan pandemi COVID-19.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menyerukan semua negara mendapat akses yang setara terhadap vaksin virus Corona atau COVID-19. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Rabu (23/9/2020).

Jokowi bilang vaksin menjadi "game changer" dalam perang melawan pandemi COVID-19.

"Kita harus bekerja sama untuk memastikan, bahwa semua negara mendapatkan akses setara terhadap vaksin yang aman dan dengan harga terjangkau," kata Jokowi dalam pidato yang disiarkan Sekretariat Presiden.

Jokowi juga menyoroti rivalitas antarnegara dalam penanganan pandemi COVID-19. Ia menilai hal itu seharusnya tidak boleh terjadi.

"Padahal kita seharusnya bersatu padu, selalu menggunakan pendekatan win-win, pola hubungan antar negara yang saling menguntungkan," ujarnya

Menurut Jokowi, saat ini yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi COVID-19 adalah persatuan semua negara, khususnya anggota PBB. Ia mengatakan dampak pandemi COVID-19 sangat besar dari sisi sosial, kesehatan, dan ekonomi.

"Kita juga paham virus ini tidak mengenal batas negara. No one is safe until everyone is," kata Jokowi dalam pidato perdananya dalam Sidang Umum PBB sejak menjabat presiden pada 2014.


Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight