Jokowi Sedih Banyak Infrastruktur Rusak akibat Perang Rusia-Ukraina

Reporter: Andrian Pratama Taher - 29 Jun 2022 19:28 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi berharap perang Rusia-Ukraina bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6/2022) waktu setempat. Saat mengunjungi kompleks apartemen yang didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin itu, Jokowi mengaku melihat dampak perang yang menyedihkan di Kota Irpin.

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” ucap Presiden Jokowi usai peninjauan, Rabu waktu setempat.

Jokowi berharap perang Rusia-Ukraina bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” ujar Jokowi.

PRESIDEN JOKO TIBA DI KYIV
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka saat tiba di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Laily Rachev/Handout/sgd/foc.


Kunjungan ke Irpin merupakan salah satu rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Ukraina.

Selain ke Irpin, Jokowi bersama istrinya Iriana juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv.

Ia baru bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky pada siang harinya.


Baca juga artikel terkait KUNKER JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight