Jokowi Sebut Kunci Pemulihan Bali adalah Mengendalikan Pandemi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 12 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi menekankan kunci utama untuk pemulihan ekonomi Bali adalah kemampuan menangani pandemi COVID-19.
tirto.id - Presiden Jokowi kembali mengajak publik untuk mengingat kembali warisan susastra yang mengajarkan cara mencegah dan adaptasi di masa pandemi. Ia lantas mengingatkan, kunci pemulihan Bali akibat pandemi COVID-19 adalah kemampuan untuk mengendalikan pandemi COVID-19.

"Warisan susastra yang mengingatkan datangnya wabah yang mengajarkan cara mencegah dan beradaptasi perlu dibuka kembali serta dikembangkan untuk mengambil pelajaran dari pandemi COVID-19 sekarang ini dan kunci utama untuk pemulihan ekonomi Bali adalah kemampuan kita dalam menangani pandemi," kata Jokowi dalam sambutan, Sabtu (12/6/2021).

Oleh karena itu, Jokowi kembali mengingatkan sejumlah langkah dalam pengendalian pandemi. Pertama, masyarakat harus terus disiplin protokol kesehatan yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Kemudian, pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan secara masif. Selain itu, penerapan PPKM mikro berbasis banjar dan desa adat harus diefektifkan.

"Kita tunjukkan kepada dunia, Bali adalah destinasi wisata yang sangat aman dikunjungi," kata Jokowi.

Di saat yang sama, Jokowi mengapresiasi upaya pemerintah daerah, para seniman para pekerja seni dan seluruh masyarakat Bali yang terus berkarya dan mengekspresikan karya seni. Ia juga menghargai upaya warga Bali yang terus mengembangkan estetika dan tradisi adiluhung kebudayaan Bali dengan tetap menerapkan prokes yang ketat.

Jokowi pun menyebut pelaksanaan Pesta Kesenian Bali ke-43 adalah bukti warga Bali tetap kreatif di masa pandemi, apalagi acara mengangkat tema "Purna Jiwa Prananing Wana Kerti" yang mengajak pemuliaan flora fauna dan seluruh keragaman hayati menebarkan semangat konservasi dan hidup harmoni dengan alam untuk penyembuhan peradaban dari pandemi.

"Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemi yang sangat berat kreativitas dan produktivitas karya seni masyarakat Bali tetap tumbuh, tampil dengan cara-cara baru untuk terus mewarnai panggung seni dunia," kata Jokowi.



Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight