Moeldoko:

Jokowi Respons Positif Usulan Penitipan Anak di Perusahaan

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 1 Mei 2019
Tempat penitipan anak ini adalah usulan dari serikat pekerja yang sebelumnya bertemu Jokowi.
tirto.id - Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan pemerintah menyambut baik usulan penitipan bayi di perusahaan dan kawasan industri yang disampaikan serikat pekerja. Ia menambahkan, usulan itu dinilai penting untuk direalisasikan oleh pemerintah terutama bagi pekerja perempuan yang memiliki bayi balita.

“Presiden [Jokowi] merespons usulan rekan-rekan bahwa perlunya ada penitipan bayi balita di perusahaan dan kawasan industri. Khususnya para pekerja wanita ini sangat diperlukan,” ucap Moeldoko kepada wartawan usai persiapan peresmian ruang konseling “Desk Tenaga Kerja” di Gedung Lama Polda Metro Jaya pada Rabu (1/5/2019).

Usulan mengenai tempat penitipan bayi ini merupakan salah satu dari hasil pertemuan buruh dengan Presiden Joko Widodo pada Jumat (26/4) lalu di Istana Bogor. Moeldoko menyebutkan bahwa tempat penitipan anak ini nantinya perlu disiapkan oleh perusahaan dan kawasan industri sehingga anak para buruh tidak terlantar lantaran ditinggal bekerja.

Melalui usulan ini, Moeldoko memberi sinyal bahwa para buruh dapat membawa anaknya ke tempat kerja. Kemudian dititipkan pada tempat semacam baby care yang dikelola pihak perusahaan atau lainnya.

“Perlunya perusahaan atau kawasan industri menyiapkan tempat unuk balita. Jadi anak-anak tidak terlantar. Nanti ditinggal ibunya bekerja, terlantar, itu kasihan. Masa depan anaknya terganggu,” ucap Moeldoko.

Moeldoko menyebutkan salah satu pertimbangan pemerintah menyambut baik usulan ini adalah adanya kepedulian untuk menjamin pertumbuhan anak. Karena ini persoalan sumber daya manusia ke depannya, ia mengatakan bahwa anak-anak juga menjadi hal yang akan diperhatikan dengan serius oleh pemerintah.

“Jangan sampai anak-anak kita masa pertumbuhannya tidak terkelola dengan baik. Pemerintah serius menangani persoalan sumber daya manusia ini,” ucap Moeldoko.


Baca juga artikel terkait HARI BURUH atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight