Jokowi Resmikan Bendungan Sindang Heula Banten

Oleh: Andrian Pratama Taher - 4 Maret 2021
Bendungan Sindang Heula di Banten berkapasitas 9,3 juta meter kubik.
tirto.id - Presiden Jokowi meresmikan bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Banten, Kamis (4/3/2021).

"Bendungan ini meningkatkan produktivitas pertanian. Dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten," kata Jokowi saat meresmikan bendungan di Serang, Banten.

Mantan Wali Kota Solo optimistis bendungan dapat memberikan nilai tambah besar bagi petani Banten dalam menjamin ketersediaan air.

Bendungan ini akan menyediakan air baku bagi industri di daerah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Bendungan ini diperkirakan mampu menyediakan air sebanyak 0,8 m3/detik. Saat ini, air bendungan sudah dipakai 0,43 m3/detik.

"Bendungan ini juga bermanfaat pengendalian banjir dengan mereduksi mengurangi banjir 50 meter kubik per detik dari meluapnya, yang biasanya sering meluap, yaitu Sungai Ciujung dan Cidurian yang sering menggenangi dari di Kabupaten Serang dan sekitarnya," ujarnya.

Kemudian, bendungan juga bermanfaat sebagai pembangkit listrik dan mampu menghasilkan tenaga 0,4 megawatt.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap, wilayah sekitar waduk dijaga dengan baik agar bisa bermanfaat dan dijadikan destinasi wisata di Banten.

"Saya minta pemda dan masyarakat memanfaatkan dan menjaga bendungan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.


Baca juga artikel terkait BENDUNGAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight