Jokowi Pastikan Semua Pihak Terima Vaksin Meski Tidak Punya BPJS

Oleh: Andrian Pratama Taher - 18 Desember 2020
Presiden Jokowi menepis kabar vaksinasi COVID-19 hanya akan diberikan kepada warga yang memiliki BPJS Kesehatan.
tirto.id - Presiden Jokowi membantah vaksinasi COVID-19 hanya akan diberikan kepada warga yang memiliki BPJS Kesehatan. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat membagikan bantuan modal kerja di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12/2020).

"Kan ada isu ini yang divaksin hanya yang memiliki kartu BPJS, endak. Semuanya seluruh warga bisa mengikuti vaksinasi," kata Jokowi, Jumat.

Jokowi menuturkan, vaksinasi akan diatur oleh pihak puskesmas maupun kelurahan sekitar dan gratis bagi warga negara Indonesia.

"Mungkin nanti akan ada pemberitahuan dari puskesmas atau dari kelurahan mengenai kapan kita harus vaksinasi karena vaksinnya sudah ada di negara kita, tinggal mulai kapan," kata Jokowi.

"Jadi vaksinasi itu untuk semua rakyat tidak terkecuali. Semuanya supaya kita bisa kembali hidup normal," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi memastikan pemerintah akan memberikan vaksinasi COVID-19 secara gratis kepada seluruh warga Indonesia pada Rabu (16/12/2020). Ia pun mengatakan vaksinasi menyasar setidaknya 67-70 persen warga Indonesia untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity.

Akan tetapi, menyusul kabar tersebut muncul pula kabar pemberian vaksinasi COVID-19 hanya diberikan kepada warga yang terlibat dalam BPJS kesehatan.






Baca juga artikel terkait VAKSIN COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight