Jokowi Minta Warga Tak Bawa Anak-anak Saat Kampanye di Cirebon

Oleh: Riyan Setiawan - 5 April 2019
Jokowi meminta warga Cirebon menggunakan baju putih saat hari pencoblosan 17 April 2019.
tirto.id - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo memperingatkan kepada warga, khususnya ibu-ibu untuk tidak membawa anak-anak saat mengikuti kegiatan kampanye. Hal tersebut ia katakan saat kampanye di Lapangan Pantai Boro, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

"Ini anak anak jangan diajak kampanye. Panas, enggak boleh," kata Jokowi di atas panggung di hadapan ribuan warga, Jumat (5/4/2019).

Usai melakukan peringatan kepada warga agar tak membawa anak-anak saat kampanye. Ia pun mengajak seorang ibu-ibu untuk naik ke atas panggung. Kemudian Jokowi mengajak berbincang-bincang dan membahas Kartu Sembako Murah.

"Bu, kalau dapat kartu sembako murah, setuju enggak?" tanya Jokowi. "Setuju. Mau murah semuanya," jawab sang ibu.

Jokowi lantas bertanya kepada ibu tersebut akan membeli apa bila mendapatkan kartu sembako murah? Sang Ibu pun menjawab, akan membeli kebutuhan seperti sembako, minyak gula, beras, dan keperluan lainnya.

Selain kartu sembako murah, mantan Walikota Solo itu juga memperkenalkan dua kartu sakti lainnya, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan Kartu Pra-Kerja.

"Perlu saya sampaikan, kartu ini baru akan dimulai tahun depan. Karena ini programnya capres tahun depan baru dilaksanakan," pungkasnya.

Terakhir, Jokowi kembali mengingatkan pada 17 April nanti merupakan hari pencoblosan. Tak lupa, ia meminta seluruh warga Cirebon untuk mengenakan pakaian putih ketika datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"17 April, ajak teman, saudara, teman sekampung berbondong-bondong ke TPS. Ajak mereka berbaju putih, karena yang akan dicoblos bajunya putih," tutupnya. Riyan Setiawan

Pada kesempatan itu, Jokowi didampingi oleh istrinya Iriana, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dan Mantan Wali Kota Bandung yang kini menjadi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Alexander Haryanto