Jokowi Minta Menkes Budi Gunadi Sadikin Fokus Tangani COVID-19

Oleh: Andrian Pratama Taher - 23 Desember 2020
Budi Gunadi Sadikin dilantik sebagai menteri kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto.
tirto.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku diminta Presiden Joko Widodo untuk segera menangani pandemi COVID-19. Hal itu disampaikan Budi usai dilantik sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negera, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

"Khusus mengenai tugas yang diminta oleh bapak presiden agar difokuskan segera bisa dilakukan agar bagaimana kami bisa menangani masalah COVID-19 ini dengan secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya," kata Budi seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12/2020).

Budi mengatakan, penanganan COVID-19 perlu dipercepat agar semua murid bisa kembali sekolah dengan segera; semua pengusaha UKM bisa segera kembali menggelar tokonya; semua keluarga bisa kembali bersilaturahmi dan seluruh rakyat Indonesia bisa kembali hidup normal.

Namun, Budi mengatakan upaya tersebut tidak bisa dilakukan oleh Kementerian Kesehatan saja, tetapi perlu bantuan asosiasi kedokteran, pemerintah daerah, dan masyarakat.

"Masalah ini adalah masalah yang sangat secara tidak mungkin kami lakukan sendiri, yang harus kami lakukan secara inklusif serta gotong royong," kata Budi.

Budi menggantikan menteri kesehatan sebelumnya, Terawan Agus Putranto, yang dinilai gagal menangani pagebluk virus Corona.



Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight