Jokowi Minta Kepala Daerah Bantu Percepat Izin Proyek Food Estate

Oleh: Andrian Pratama Taher - 6 Januari 2021
Jokowi minta agar segala masalah di lapangan, termasuk perizinan food estate bisa segera selesai pada 2021 ini.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meminta agar daerah mempercepat pembangunan proyek food estate yang ditargetkan selesai pada 2021. Caranya adalah kepala daerah yang mendapat proyek food estate mempercepat perizinan.

Hal itu ditegaskan Jokowi dalam rapat terbatas penanganan pandemi COVID-19 dan rencana pelaksanaan vaksin di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1/2021).

"Saya minta agar yang berkaitan dengan pembangunan food estate ini dalam rangka ketahanan pangan kita, ini juga para gubernur yang di provinsinya, di wilayahnya ada pembangunan food estate agar percepatan terhadap perizinan," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta agar segala masalah di lapangan, termasuk perizinan bisa segera selesai. Ia ingin ada dukungan penuh dari kepala daerah sehingga Indonesia bisa mempunyai food estate pada 2021.

"Kita harapkan nantinya di tahun 2021 ini bisa kita selesaikan dengan baik," kata Jokowi.

Proyek food estate merupakan salah satu program gagasan pemerintahan Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dalam mengatasi prediksi kelangkaan pangan yang dikeluarkan FAO.

Proyek food estate terletak di Provinsi Kalimantan Tengah dan Sumatra Utara. Di Kalteng, area food estate berlokasi di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas seluas 165.319,12 hektare.

Sementara itu, food estate juga rencananya akan dibangun di empat kabupaten di Sumut yaitu Kabupaten Humbang Hasundutan, Pakpak Barat, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Utara dengan potensi lahan seluas 61.042 hektare.


Baca juga artikel terkait PROYEK FOOD ESTATE atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight