Jokowi Mau Ekonomi Pulih, tapi Juga Ingin Penanganan COVID-19 Beres

Oleh: Andrian Pratama Taher - 7 September 2020
Menurut Jokowi jika kondisi kesehatan masyarakat membaik, maka kondisi ekonomi di masa krisis akibat pandemi COVID-19 juga akan turut membaik.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meminta agar permasalahan kesehatan dalam menghadapi COVID-19 segera ditangani dengan baik. Ia mengaku ingin segera memulihkan kembali ekonomi yang jatuh akibat pandemi COVID-19, tetapi terhalang belum maksimalnya penanganan COVID-19 pada aspek kesehatan.

"Masalah kesehatan ini harus betul-betul tertangani dengan baik. Karena memang kita ingin secepat-cepatnya restart di bidang ekonomi. Jangan sampai kita urusan kesehatan, urusan COVID-19 ini belum tertangani dengan baik kita sudah men-starter, restart di bidang ekonomi," ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (7/9/2020).

Jokowi mengatakan memulai kembali ekonomi tetapi tidak mampu menangani kesehatan justru menimbulkan bahaya. Namun ia tidak merinci bahaya apa saja yang ditimbulkannya.

Jokowi menekankan kalau kunci ekonomi yang baik adalah kesehatan yang baik. Menurut Jokowi kesehatan harus berada di depan dan menjadi prioritas dalam penanganan COVID-19. Ia pun menginstruksikan agar seluruh jajaran untuk fokus pada aspek kesehatan dalam menangani pandemi COVID-19.

"Sekali lagi saya ingin perintahkan jajaran Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi, Menteri Kesehatan, dan juga TNI-Polri betul-betul agar yang berkaitan dengan urusan penanganan [kesehatan] COVID betul-betul menjadi fokus kita, ekonomi akan mengikut," kata Jokowi.

Ditegaskan kembali oleh Jokowi jika kondisi kesehatan masyarakat membaik, maka kondisi ekonomi akan turut membaik. Penanganan kesehatan masyarakat merupakan kunci pemulihan dari situasi krisis akibat pandemi COVID-19.

"Sekali lagi kalau penanganan COVID-19 baik, kalau kesehatan baik, ekonominya juga akan juga membaik," pungkas Jokowi.



Baca juga artikel terkait DAMPAK PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight