Jokowi-Ma'ruf Amin Didukung Purnawirawan TNI, Salah Satunya Luhut

Oleh: Yuliana Ratnasari - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Beberapa nama mentereng masuk dalam daftar purnawirawan TNI pendukung Jokowi-Ma'ruf, di antaranya Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.
tirto.id - Sejumlah purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan capres dan cawapres 2019–2024: Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin. Kelompok yang menamakan diri CAKRA19 ini mengeluarkan pernyataan sikapnya di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu (12/8/2018).

Beberapa nama mentereng masuk dalam daftar tim pemenangan. Di antaranya: Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia sekaligus lulusan terbaik Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri, kini Akmil) tahun 1970; Lodewijk Freidrich Paulus, Danjen Kopassus 2009, kini Sekretaris Jenderal Partai Golkar; dan Andogo Wiradi, lulusan Akabri 1981, juga bekas Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP).

Menariknya, meski diisi oleh bekas tentara, CAKRA19 dikepalai oleh seorang sipil. Ketua tim adalah Andi Widjajanto, Sekretaris Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla pada November 2014 hingga Agustus 2015.

Andi menuturkan, nama tim ini diambil dari bahasa Sansakerta. Dengan begitu, mereka akan bekerja berdasarkan filosofi itu.

"Tim Cakra19 akan bekerja berdasarkan filosofis kata Sanskerta itu. Cakra diartikan sebagai pusat energi, roda, atau lingkaran dari kekuatan-kekuatan positif yang dilengkapi kreativitas dan kebebasan berekspresi, guna mencapai tujuan bagi kebaikan bersama," kata Andi kepada Tirto.

Menurutnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah "pilihan terbaik bagi Indonesia untuk saat ini." Oleh karena itulah, mereka mendukung pasangan ini. Andi juga mengatakan akan bekerja dari Aceh sampai Papua untuk memenangkan jagoannya tersebut.

"Yakinkan ke pemilih bahwa Pak Jokowi yang kita usung adalah orang yang [be]kerja keras, yang karakternya tetap sederhana, tetap senang blusukan," pesan Andi kepada peserta, yang sebagian besar mengenakai pakaian putih.

Hari ini Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Berdasarkan pantauan, Jokowi-Ma'ruf tiba pukul 08.00 WIB. Mereka datang bersamaan di dalam satu mobil.

Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang bertuliskan "bersih, merakyat, kerja nyata" dan celana panjang hitam. Ma'ruf Amin memakai jas dan selendang putih serta sarung.

"Iya persiapannya, puasa dari semalam," kata Jokowi. "Persiapannya, saya mengikuti semua proses yang ada," ujar Ma'ruf menambahkan.

Jokowi terlihat didampingi putra bungsunya Kaesang Pangarep dalam menjalani tes kesehatan hari ini. Ma'ruf Amin juga didampingi anak putrinya yang terakhir.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Politik)


Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live