Sidang Tahunan 2021

Jokowi Kenakan Baju Adat Baduy di Sidang Tahunan MPR 2021

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Agustus 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sidang Tahunan MPR 2021, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat suku Baduy dan menjelaskan alasan kenapa memakainya, Senin (16/8/2021).
tirto.id - Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2021 di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (16/8/2021). Tahun ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menggunakan pakaian adat suku Baduy yang juga akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-76.

"Busana yang dipakai Presiden adalah pakaian adat Suku Baduy, yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten," kata Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Bidang Komunikasi dan Media Faldo Maldin kepada Tirto, Senin (16/8/2021).

Mantan Wali Kota Surakarta itu pun terlihat memasuki ruang sidang pada pukul 08.30 WIB dengan menggunakan pakaian suku Baduy. Ia didampingi Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang mengenakan pakaian adat suku Mandar, Sulawesi Barat.

Pada Sidang Tahunan MPR yang dirangkaikan dengan Sidang Bersama DPR dan DPD, serta diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan sangat ketat ini, Jokowi akan membacakan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR Tahun Sidang 2021 - 2022 untuk mendengarkan Pidato Presiden dalam rangka Penyampaian Keterangan Pemerintah atas RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya.

Selain Pimpinan dan Anggota MPR, DPR, dan DPD serta undangan terbatas lainnya, tampak hadir secara langsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung Nusantara, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.

Jadwal Acara Sidang Tahunan MPR, DPR dan DPD RI


1. Pukul 08.38-08.53 WIB - Pembukaan sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR RI dan DPD 2021. Sekaligus pidato pengantar sidang tahunan MPR 2021 oleh Ketua MPR.

2. Pukul 08.53-09.53 WIB - Presiden Joko Widodo berpidato dalam rangka menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke 76 kemerdekaan RI.

3. Pukul 10.50-11.35 WIB - Presiden Jokowi berpidato menyampaikan keterangan RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya.

4. Pukul 11.35-11.45 WIB - Penyampaian RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangannya dari presiden kepada ketua DPR dan dilanjutkan kepada ketua DPD RI.

5. Pukul 12.00 WIB - Presiden beserta wakil presiden dan pimpinan DPR RI meninggalkan ruang rapat paripurna.

Alasan Jokowi Pakai Baju Adat Baduy

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR RI di kompleks Parlemen Gedung DPR/MPR, Senin (16/8/2021).

Pada pidato kali ini, Presiden Jokowi mengawali dengan kondisi Indonesia yang masih terbelit pandemi COVID-19 selama satu setengah tahun. Bahkan dampak yang mengikutinya yakni krisis dan resesi yang semakin menguji bangsa ini.

Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan salah satunya terkait penanganan pandemi COVID-19. Jokowi menjelaskan bagaimana pandemi Corona telah mengubah cara-cara menjalani kehidupan, gaya hidup yang lebih sehat dan tentunya penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Usai pidato, Jokowi juga menjelasakan alasan mengenakan pakaian adat Baduy.

"Busana yang saya pakai ini adalah pakaian adat suku Baduy. Saya suka karena desainnya yang sederhana, simpel dan juga nyaman dipakai. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Saijah, Ketua Adat Masyarakat Baduy yang telah menyiapkan baju adat ini," jelas Jokowi.



Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR 2021 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight