Dampak Pandemi Corona

Jokowi Kaji Usulan 245 PSN Baru Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 29 Mei 2020
Presiden Jokowi menerima pengajuan 245 program strategi nasional (PSN) baru. Presiden ingin dari 245 usulan PSN agar difokuskan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.
tirto.id - Presiden Jokowi menerima pengajuan 245 program strategi nasional (PSN) baru. Presiden ingin dari 245 usulan PSN agar difokuskan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.

"Terkait dengan usulan 245 PSN baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung, dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi. Prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca pandemik saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas secara daring, Jumat (29/5/2020).

Mantan Walikota Solo itu meminta agar PSN tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19. Ia tidak ingin fokus kegiatan nasional untuk kepentingan rakyat terganggu akibat pandemi.

Ia mengatakan, PSN strategis tidak selalu isu ekonomi, tetapi bisa isu kesehatan seperti isu stunting, masalah malaria, demam berdarah hingga AIDS. Akan tetapi, Jokowi ingin agar isu pemulihan ekonomi menjadi konsentrasi dalam PSN kali ini.

"Terkait dengan proyek strategis nasional, yang sedang berjalan saya minta diprioritaskan percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional," Tutur Jokowi.

Jokowi ingin program PSN yang dianggap penting bagi ekonomi rakyat seperti sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria, perhutanan sosial dan peremajaan perkebunan rakyat tetap berjalan di tengah pandemi.

"Saya ingin pastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo itu ingin agar PSN yang berjalan segera diselesaikan. Sebab, ia mengaku masih ada masalah di lapangan.

"Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan berbagai sumbatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight