Jokowi Jadi Pangeran Kesultan Ternate Bergelar Dada Madopo Malomo

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 28 Sep 2022 11:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi menilai pemberian gelar adat adalah bagian dari tradisi dan kearifan lokal yang harus dilestarikan.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dianugerahi gelas kehormatan adat dengan nama Dada Madopo Malomo dari Kesultanan Ternate. Jokowi juga diangkat sebagai Pangeran Kesultanan Ternate.

Penganugerahan itu diberikan kepada Jokowi di Kedaton Sultan Ternate, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). Jokowi menilai pemberian gelar adat adalah bagian dari tradisi dan kearifan lokal yang harus dilestarikan.

"Pagi hari ini saya mendapatkan gelar dari Kesultanan Ternate, dari Bapak Sultan Hidayatullah Sjah, Sultan Ternate yang ke-49 dengan gelar 'Dada Madopo Malomo'. Nanti artinya seperti apa, tanyakan langsung ke Bapak Sultan," ujar Jokowi dalam keterangannya selepas acara tersebut, Rabu.

Jokowi juga mengapresiasi upaya dari Kesultanan Ternate dalam menjaga adat, tradisi dan kearifan lokal. Hal ini berbanding lurus dengan konsep kepribadian dalam berkebudayaan.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah menuturkan gelar yang diberikan kepada Jokowi bermakna pemimpin besar atau pemimin negara. Jokowi dalam pandangan Kesultanan Ternate adalah pemimpin yang mengedepankan kearifan dan kebijaksanaan.

"Dalam memimpin negara besar itu, kearifan dan bijaksananya seorang pemimpin itu lebih dikedepankan,” jelas Sultan Ternate usai penganugerahan gelar kepada Jokowi.

Sehari sebelumnya, Jokowi juga mendapat gelar kehormatan adat dengan nama La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dari Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara.

Menurut Jokowi, pemberian gelar adat yang diterima dari Kesultanan Buton dan Ternate adalah bukti pentingnya menjaga adat, tradisi dan kearifan lokal. Ia mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara besar dengan penuh kearifan lokal yang berbeda-beda.

"Inilah kebhinekaan negara kita yang terus harus kita rawat dan kita jaga sebagai sebuah kekuatan. perbedaan itu bukan memecah tapi mempersatukan," kata Jokowi.

Dalam kunjungan kerja di Ternate, Jokowi dijadwalkan mengunjugi Pasar Bahari Berkesan dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Ternate. Jokowi rencananya akan menyerahkan bantuan sosial sekaligus mengecek penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada para penerima manfaat.

“Tentunya Bapak Presiden akan memberikan bantuan BLT dan berdiskusi apa yang harus disampaikan dari masyarakat kepada Bapak Presiden,” ujar Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartono.

Setelah itu, Jokowi akan menuju Bandara Sultan Babullah Ternate untuk kemudian lepas landas ke Kabupaten Halmahera Barat.


Baca juga artikel terkait GELAR KEHORMATAN JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight