Jokowi Ingin Mandalika Tak Cuma Dikenal Tempat Balapannya Saja

Oleh: Andrian Pratama Taher - 13 Januari 2022
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi ingin kehadiran Sirkuit Mandalika bisa berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya.
tirto.id - Presiden Joko Widodo ingin kawasan Mandalika tak hanya dikenal dengan area balapannya saja, tapi juga harus bisa mengubah perekonomian masyarakatnya.

Keinginan Jokowi itu disampaikan saat meninjau homestay di Desa Gerupuk, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022 sekaligus memonitor kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Barat jelang pelaksanaan balap MotoGP 2022.

"Kita juga ingin agar Mandalika ini tidak hanya urusan balap motor tapi juga memberikan efek ekonomi, memberikan efek pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat," kata Jokowi di Desa Gerupuk, Lombok Tengah, NTB, Kamis (13/1/2022).

Untuk memenuhi target tersebut, pemerintah membangun sejumlah homestay. Sekitar 300 homestay disiapkan oleh pemerintah pusat. Ia berharap, homestay ini bisa penuh di saat perayaan MotoGP 2022 pada Maret 2022 mendatang.

"Kita harapkan nanti pada saat penyelenggaraan MotoGP semuanya terisi penuh. Sekali lagi ini akan memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat di sekitar kawasan ekonomi khusus pariwisata Mandalika," kata Jokowi.

Di saat yang sama, Jokowi juga melaporkan hasil peninjauan di lokasi lain seperti di bandara maupun jalan menuju Sirkuit Mandalika. Ia mengaku bahwa proses tahapan pemeriksaan penerapan protokol kesehatan di bandara sudah bagus mulai dari cek PCR hingga pemeriksaan vaksin dua kali.

Kemudian, Jokowi juga memonitor infrastruktur utama yakni jalan dari bandara menuju sirkuit Mandalika. Ia pun mengaku peninjauan berfokus kepada tata letak yang sudah dikerjakan dalam seminggu terakhir.

"Kita harapkan dari airport menuju ke Mandalika, sirkuit Mandalika, itu betul-betul tamu diantarkan pada keindahan, pada estetika yang baik. Oleh sebab itu ini harus disiapkan, dan saya minta tadi dalam bulan Februari semuanya sudah bisa diselesaikan," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait SIRKUIT MANDALIKA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight