Jokowi: Indonesia Tak Buru-Buru Tetapkan Pandemi COVID-19 Berakhir

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Sep 2022 10:57 WIB
Presiden Jokowi menyatakan status pandemi COVID-19 diputuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
tirto.id - Presiden Joko Widodo menegaskan Indonesia tidak akan terburu-buru menetapkan pandemi COVID-19 berakhir. Ia masih berhati-hati meski negara besar seperti Amerika Serikat menyatakan pandemi telah berakhir.

Usai meresmikan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) dan Serpong-Balaraja (JTSB) seksi 1A Selasa (20/9/2022), Jokowi mengingatkan status pandemi COVID-19 diputuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Pandemi ini kan terjadi di seluruh negara di dunia dan yang bisa memberikan statement menyatakan pandemi itu selesai adalah WHO," Kata Jokowi.

Jokowi memastikan pemerintah tetap waspada dan berhati-hati dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Ada dii satu dua negara yang sekarang ini juga kasus Covid-nya mulai bangkit naik. Kehati-hatian itu yang sangat kita perlukan," Kata dia.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan pandemi COVID-19 berakhir di Amerika Serikat. Biden mengklaim kondisi negara Amerika Serikat mulai membaik meski jumlah warga meninggal akibat COVID-19 terus bertambah.

Dikutip dari kantor berita BBC, Biden beralasan pandemi berakhir karena 65 persen dari total populasi telah divaksinasi lengkap. Selain itu, masyarakat sudah mulai tidak menggunakan masker.



Baca juga artikel terkait STATUS PANDEMI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight