Jokowi Diundang Saksikan Laga Indonesia vs Malaysia Besok

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 4 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSSI mengundang Presiden Jokowi, Menpora Imam Nahrawi dan Mendagri Tjahjo Kumolo untuk menyaksikan laga Indonesia vs Malaysia di SUGBK besok.
tirto.id - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengundang Presiden Joko Widodo sebagai tamu kehormatan menyaksikan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Malaysia, Kamis (5/9/2019) besok.

Namun, hingga kini undangan itu belum mendapat jawaban pasti dari mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

"Kami berharap beliau bisa datang untuk menyaksikan pertandingan. Insyaallah, menyaksikan timnas kita menang," tutur Deputi Sekjen PSSI, Marshal Masita, di Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019).

Selain presiden, sejumlah menteri juga mendapat undangan untuk hadir dalam pertandingan ini. Menteri-menteri yang dimaksud tentu mereka yang memiliki keterkaitan dengan sepakbola nasional seperti Menpora, Imam Nahrawi hingga Mendagri, Tjahjo Kumolo.

"Kami memang sedang intens berkomunikasi dengan para menteri untuk mewujudkan percepatan pembangunan sepakbola di tanah air," imbuh Marshal.


Guna menjamin keamanan para penonton, termasuk tamu undangan, PSSI pun telah mempersiapkan pengamanan ekstra. Sebanyak 5.000 aparat gabungan akan disiagakan untuk mengawal pertandingan di GBK besok.

Jumlah suporter sempat stagnan saat awal penjualan tiket. Kini antusiasme suporter Indonesia untuk hadir ke stadion mulai meningkat.

Hingga artikel ini dirilis lebih dari 40.000 lembar tiket pertandingan telah terjual. Tiket di beberapa kategori, salah satunya kategori tiga bahkan sudah ludes.

Meningkatnya antusiasme itu wajar belaka, apalagi Indonesia dan Malaysia punya sejarah rivalitas panjang dalam sepakbola.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy bahkan mengakui pertandingan besok bukan sekadar tentang perebutan poin untuk menembus Piala Dunia.

"Banyak hal penting selain poin yang harus kami raih untuk kualifikasi. Ada sejarah panjang antara kedua tim [Indonesia dan Malaysia]. Aku rasa, pelatih kedua negara, dituntut untuk mengontrol
mental pemain, bukan Cuma taktik. Ini bukan hanya tentang poin, tapi juga kebanggaan bangsa," tutur Simon di Senayan, Rabu (4/9/2019).

Hal yang sama juga disampaikan oleh kapten tim Indonesia yang juga penjaga gawang klub Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa.

"Dari sisi pemain persiapan kami sudah cukup bagus. Kami sudah siap. Belakangan kami berlatih di mana pun, sampai Australia, sampai Jordania, tapi tujuannya ya di sini besok. Kami harus bisa meraih hasil terbaik," tegasnya.

Sesuai rencana, kickoff laga Indonesia vs Malaysia akan dilangsungkan tepat pukul 19.30 WIB. Berdasarkan Match Coordination Meeting (MCM), pada pertandingan besok Indonesia akan menganakan seragam merah, sementara Malaysia memakai setelan kuning-hitam.

Para penikmat sepakbola di seluruh Indonesia dipastikan tidak akan kesulitan mengakses pertandingan karena rencananya laga Indonesia vs Malaysia bakal disiarkan langsung SCTV (televisi) dan Mola TV (streaming).


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Zakki Amali
DarkLight