Idulfitri 1443 Hijriah

Jokowi Bersyukur Masyarakat Bisa Mudik Lebaran Tahun Ini

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 1 Mei 2022 21:03 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi bersyukur Lebaran tahun ini sudah diperbolehkan mudik.
tirto.id - Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Kepala Negara dan keluarga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Dengan segala kerendahan hati, saya sekeluarga mengucapkan selamat Idulfitri 1443 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar dia sebagaimana ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (1/5/2022).

"Saya juga mengucapkan selamat Idulfitri, mohon maaf lahir dan batin," ucap Ibu Iriana.

Jokowi pun menyinggung soal kebijakan mudik yang dibolehkan pada 2022. Sebagai catatan, mudik sebelumnya dilarang akibat penyebaran virus COVID-19. Ia pun bersyukur masyarakat Indonesia bisa berkumpul keluarga.

"Alhamdulillah, Lebaran tahun ini kita sudah dapat berkumpul dengan keluarga. Bertemu orang tua, sanak saudara, dan juga kerabat di kampung halaman," ungkapnya.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Syawal 1443 Hijriah atau Idulfitri 2022 jatuh pada Senin 2 Mei 2022. Pemerintah bersyukur Lebaran kali ini bisa dirayakan secara bersama-sama meski awal Ramadan berbeda.

Yaqut menuturkan penghitungan dilakukan dengan menggunakan metode hilal dan metode rukyat. Berdasarkan laporan dari pemantauan di 99 titik rukyat, beberapa melaporkan telah melihat hilal.

"Kita berharap Mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama. Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat islam di Indonesia dan kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa ini lebih baik secara bersama-sama," kata Yaqut.


Baca juga artikel terkait IDULFITRI 2022 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight