Jokowi: Banyak Investor Tertarik, Tapi Sedikit yang Berinvestasi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 12 Maret 2019
Jokowi menyayangkan banyak investor yang tertarik, tapi sedikit yang berinvestasi ke Indonesia.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo menyebut, Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara yang paling menarik untuk investasi. Data tersebut merupakan hasil survey dari United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Ia mengatakan, langkah ini merupakan hasil dari evaluasi pemerintah yang juga telah berupaya untuk mendorong investasi dengan memberikan berbagai macam insentif dan fasilitas yang memudahkan investor.
"Di 2018, dari United Nation yang melakukan survei untuk CEO Multinational Company, mendudukkan Indonesia dalam peringkat urutan keempat destinasi investasi paling menarik di dunia," jelas Jokowi dalam rapat koordinasi Badan Koordinasi Penanaman Modal, Selasa (12/3/2019).

Ia menjelaskan, dari perestasi yang sudah didapat Indonesia, baiknya skema investasi yang sudah realisasi terus diperbaiki. Jokowi masih menyayangkan, ada banyak investor yang tertarik, tapi masih sedikit yang benar-benar beinvestasi di Indonesia.

"Yang saya rasakan sehari hari, investor berbondong ke kita. Tapi, tidak ada yang terealisasi, ini yang salah di mana? Pusat, provinsi, kota atau kabupaten. Investor datang ingin investasi tapi kenapa nggak menetas. Ini pasti ada problemnya. Apakah kecepatan perizinan, atau mungkin urusan pembebasan lahan bertele-tele sehingga pergi atau pelayanan kita yang tidak cepat dan tidak baik, ini urusan besar," kata dia.

Jokowi berpesan kepada para kepala pemerintah daerah untuk mempermudah izin investasi, terutama investasi usaha yang berorientasi pada ekspor.

"Karena kunci pertumbuhan ekonomi kita ada di dua tadi (investasi dan ekspor). Kalau mau ada investasi yang orientasi ekspor, jangan sampai tunggu satu jam, harus langsung berikan izin. Jangan ditanya macam-macam, nanti balik badan pergi ke Vietnam yang sangat atraktif. Lahan dibebaskan, tidak dibeli," kata dia.





Baca juga artikel terkait INVESTASI atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Agung DH
DarkLight