Debat Pilpres 2019 Kedua

Jokowi Banggakan Pencapaian Maritim Pemerintah di Debat Capres 2019

Oleh: Iswara N Raditya - 17 Februari 2019
Debat Capres 2019 jilid kedua mengambil tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.
tirto.id - Salah satu persoalan yang diangkat dalam segmen ke-4 Debat Capres 2019 jilid kedua yang menampilkan Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto adalah mengenai potensi maritim Indonesia. Capres nomor urut 01, Jokowi, memaparkan pencapaian dalam bidang maritim selama periode pertama pemerintahannya.

Mula-mula dipertontonkan tayangan video tentang kondisi kemaritiman Indonesia. Tommy Tjokro selaku salah satu moderator kemudian menanyakan arah dan strategi kedua capres dalam upaya memaksimalkan potensi maritim Indonesia demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.

Jokowi mengatakan, sebanyak 7000 kapal asing yang melakukan ilegal fishing atau pencurian ikan di perairan Indonesia telah diamankan, 488 kapal di antaranya bahkan sudah ditenggelamkan.

“Ini menjadi kesempatan bagi nelayan-nelayan kita untuk memanfaatkan sumber daya laut, ikan-ikan, agar mereka bisa lebih sejahtera,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, Indonesia juga memiliki ladang-ladang minyak di tengah laut yang belum tereksplorasi dengan baik. “Akan kita dorong agar ladang-ladang tersebut bisa bermanfaat dan memberikan pendapatan yang besar kepada negara,” imbuh Presiden RI ke-7 ini.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha untuk terus menggalakkan infrastruktur laut, termasuk tol laut, terutama untuk kawasan Indonesia timur, agar antar-pulau bisa terkoneksi, begitu pula antar-pelabuhan.


Debat Capres Kedua Pilpres 2019 mengambil tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki kali ini yang ditunjuk sebagai moderator

Untuk panelis, ada tujuh orang akademisi, yaitu Rektor ITS Profesor Joni Hermana, Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati, Rektor IPB Arif Satria, ahli pertambangan ITB Profesor Irwandy Arif, pakar energi Ahmad Agustiawan, pakar lingkungan Undip Sudharto P. Hadi, serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika.

Debat Capres edisi kedua ini terdiri dari enam segmen. Perbedaan terlihat pada segmen keempat. Kedua capres akan menonton tayangan video singkat yang bakal dijadikan bahan pertanyaan dan selanjutnya diperdebatkan.

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Politik)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight