Jokowi Bagi Tips Pemulihan Ekonomi di Forum ASEAN Business

Oleh: Adi Briantika - 25 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mendorong pemulihan ekonomi harus diikuti dengan reaktivasi jalur perjalanan dengan pendekatan yang aman, termasuk untuk pariwisata.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menilai ada sejumlah langkah yang perlu diambil oleh negara-negara ASEAN demi bisa membangkitkan ekonomi ASEAN. Bagi Jokowi, langkah pertama adalah mendorong penanganan kesehatan. Ia ingin agar seluruh negara ASEAN bisa mengejar vaksinasi 70 persen se-ASEAN.

"Agenda jangka pendek untuk mempercepat dan memeratakan vaksinasi di semua negara di kawasan harus kita lakukan bersama. Target vaksinasi penduduk ASEAN sebanyak 70% harus segera dicapai secepatnya," kata Jokowi saat menyampaikan pidato ASEAN Business and Investment Summit sebagaimana ditayangkan Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Jokowi mengklaim pemerintah dan pelaku bisnis se-ASEAN harus bersinergi dalam jangka pendek untuk memenuhi target tersebut. Pada jangka menengah, Jokowi mendorong pembentukan protokol krisis kesehatan agar kawasan ASEAN lebih tahan menghadapi krisis kesehatan di masa depan.

Kedua, dorongan pemulihan ekonomi harus diikuti dengan reaktivasi jalur perjalanan dengan pendekatan yang aman, termasuk untuk pariwisata. Jokowi menukil data UN-WTO bahwa tingkat pembatasan Asia Tenggara mencapai 82 persen atau tertinggi di dunia.

Jokowi mendorong agar dilonggarkan serta penerapan travel corridir agreement framework yang digagas Indonesia bisa segera dilaksanakan.

"Jika semua negara ASEAN segera memfasilitasi mobilitas masyarakat dengan aman, roda ekonomi bisa kembali bergerak. Indonesia juga telah membuka secara bertahap Bali untuk safe tourism dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengaku Indonesia sudah mulai membuka daerah dengan tingkat vaksinasi di atas 70 persen. Bali sudah mulai dibuka setelah vaksinasi di atas 70 persen.

"Indonesia membuka Bali setelah tingkat vaksinasi Bali secara penuh telah mencapai 84,8%. Indonesia akan membuka secara bertahap wilayah yang lain yang tingkat vaksinasi penuhnya melebihi 70%," tutur Jokowi.

Ketiga, Jokowi mendorong percepatan kawasan ekonomi digital. Ia mengingatkan, potensi ekonomi digital ASEAN mencapai 100 miliar dolar Amerika Serikat pada 2020.

Indonesia pun sudah mendorong agar ASEAN bisa menjadi digitally connected community. Ia mengaku Indonesia yang sudah memiliki banyak startup siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan ekonomi digital.

Pemerintah Indonesia, kata Jokowi juga telah menyusun peta Jalan Indonesia Digital pada 2021-2024 sebagai panduan strategis perjalanan transformasi digital indonesia. Nilai ekonomi digital Indonesia juga sangat menjanjikan diperkirakan mencapai 124 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2025, setara dengan 40% total nilai ekonomi digital Asia Tenggara.

"Saat ini Indonesia memiliki start up sebanyak 2.229, kelima terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki 1 decacorn dan 6 unicorn dan kami membuka peluang investasi sebesar besarnya di sektor ekonomi digital di Indonesia," pungkas Jokowi.



Baca juga artikel terkait ASEAN atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto
DarkLight