Jokowi atau Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019 di Surakarta?

Oleh: Fitra Firdaus - 17 April 2019
Bagaimana prediksi pemenang Pilpres 2019 di Surakarta? Hasil Pilpres 2014 di wilayah ini, perolehan suara Jokowi mencapai 284.199 suara dan Prabowo memperoleh 52.703 suara.
tirto.id - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu 17 April 2019. Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berebut kursi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah akan menjadi salah satu daerah pertarungan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk meraih suara pada Pilpres 2019.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan pasangan Jokowi-Ma’ruf dan pasangan Prabowo-Sandiaga telah melakukan sosialisasi dan kampanye di wilayah Surakarta untuk menarik simpati para pemilih.

Selama masa kampanye Pilpres 2019 pasangan Jokowi-Ma’ruf telah melakukan beberapa kegiatan di Surakarta:
  • Ma'ruf Amin ziarah ke makam KH Ahmad Umar Abdul Mannan di Kompleks Ponpes Al-Muayyad, Mangkuyudan, Solo dan bersilaturahmi dengan Nahdliyyin asal Solo
  • Presiden mengajak Jan Ethes bermain di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Solo
Pasangan Prabowo-Sandiaga di Surakarta melakukan kampanye dan sosialisasi, di antaranya:
  • Sandiaga Uno dan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengunjungi kantor pusat Majelis Tafsir Alquran (MTA)
  • Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Takmirul Islam Solo
  • Sandiaga mengunjungi pembatik di Laweyan dan inginkan OK OCE Ada di Kampung Laweyan Solo
  • Sandiaga Salahuddin Uno hadir dalam rapat konsolidasi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi di Solo, Jawa Tengah.
  • Calon Presiden No urut 2 Prabowo Subianto berkunjung ke Gedung Pusat Majelis Tafsir Alquran (MTA) Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/12/2018).
  • Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno bertemu komunitas basket di Lapangan Basket Kompleks Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu, (29/12/2018).
  • Sandiaga menghadiri Kampanye Nasional Millenials dan UKM
  • Prabowo menghadiri kampanye terbuka

Sebagai gambaran, pada Pilpres 2014 lalu di Surakarta perolehan suara saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla mencapai 284.199 suara. Sedangkan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa memperoleh 52.703 suara.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fitra Firdaus
Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH