Jokowi atau Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019 di Pasuruan?

Oleh: Alexander Haryanto - 17 April 2019
Bagaimana prediksi pemenang Pilpres 2019 di Pasuruan? Hasil Pilpres 2014 di wilayah ini, perolehan suara Jokowi mencapai 344.930 suara dan Prabowo memperoleh 474.725 suara.
tirto.id - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu 17 April 2019. Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berebut kursi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

Kabupaten Pasuruan Provinsi Jawa Timur akan menjadi salah satu daerah pertarungan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk meraih suara pada Pilpres 2019.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan pasangan Jokowi-Ma’ruf dan pasangan Prabowo-Sandiaga telah melakukan sosialisasi dan kampanye di wilayah Pasuruan untuk menarik simpati para pemilih.

Selama masa kampanye Pilpres 2019 pasangan Jokowi-Ma’ruf telah melakukan beberapa kegiatan di Pasuruan:
  • Ma'ruf Amin berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Selain bersilaturahmi, Ma'ruf juga meminta doa serta dukungan atas pencalonannya sebagai cawapres Joko Widodo (Jokowi).
Pasangan Prabowo-Sandiaga di Pasuruan melakukan kampanye dan sosialisasi, di antaranya:
  • Sandiaga Uno berkunjung ke Pondok Pesantren Sidogiri
  • Sandiaga melakukan beberapa agenda kampanye seperti bertemu Partai Emak - emak Pendukung Prabowo - Sandi (PEPES), dan menghadiri acara silaturahim habaib, kiai dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Pasuruan di Kancil Mas, Kecamatan Bangil
  • Prabowo Subianto bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Sebagai gambaran, pada Pilpres 2014 lalu di Pasuruan perolehan suara saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla mencapai 344.930 suara. Sedangkan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa memperoleh 474.725 suara.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH