Jokowi Apresiasi Upaya Tagana Masuk ke Sekolah Rawan Bencana

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 18 Februari 2019
Presiden Joko Widodo mengapresiasi upaya Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang memasukkan pendidikan kebencanaan untuk siswa dan siswi yang sekolah di daerah rawan bencana.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi upaya Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang memasukkan pendidikan kebencanaan untuk siswa dan siswi yang sekolah di daerah rawan bencana.

"Tadi kita tes ke anak yang sudah (dididik), saya kira menangkapnya cepat dan bisa mempraktikkan," kata Jokowi ditemui usai peninjauan Tagana Masuk Sekolah dan Kampung Siaga Bencana di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Menurut Jokowi upaya Tagana Masuk Sekolah akan diperluas di semua provinsi atau daerah yang rawan bencana.

Jokowi menyebutkan, pendidikan tentang kebencanaan itu seperti yang diharapkan dapat meminimalisasi timbulnya korban jiwa.

Pendidikan kebencanaan oleh Tagana diselenggarakan di 55 sekolah di Provinsi Banten yang akan mengikutsertakan 5.500 siswa dan 276 guru mulai tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memprioritaskan pemberian bantuan bagi pembangunan rumah.

"Di sini ada 800-an rumah yang tadi sudah diputuskan dengan bupati, gubernur, Kepala BNPB untuk diberikan dalam bentuk uang saja sehingga mereka bisa cepat kerjakan di lapangan. Saya sudah setuju tadi," jelas Jokowi.


Baca juga artikel terkait MITIGASI BENCANA atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Maya Saputri
DarkLight