Jokowi & Anies Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Thamrin City & Mal GI

Oleh: Andrian Pratama Taher - 3 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi berharap agar vaksinasi bisa memperlambat kasus COVID-19 di Indonesia.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi pelaku usaha yang ada di pusat perbelanjaan Thamrin City dan Grand Indonesia, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jokowi berharap agar vaksinasi bisa memperlambat kasus COVID-19 di Indonesia.

"Pagi hari ini saya melihat, meninjau program vaksinasi yang dilakukan di Thamrin City dan Grand Indonesia dalam rangka agar seluruh pelayan toko dan yang berusaha di kawasan pertokoan, di mal semuanya bisa divaksinasi dan kita berharap itu bisa memperlambat, mengurangi, dan menghilangkan penyebaran COVID-19," kata Jokowi di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (3/5/2021).

Di saat yang sama, Jokowi meminta publik tidak terlena untuk melonggarkan protokol kesehatan usai divaksin. Ia ingin masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin.

"Saya juga ingin terus mengajak kita semua untuk ke mana pun utamanya selalu memakai masker, memakai masker, memakai masker," kata Jokowi.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 2 Mei 2021, jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Indonesia total 1.677.274 kasus dengan jumlah penderita yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 1.530.718 orang dan pasien yang meninggal dunia seluruhnya 45.796 orang.

Sementara itu, penyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama sudah dilakukan pada 12.457.164 orang dan jumlah warga yang sudah selesai menjalani vaksinasi, sudah dua kali mendapat suntikan vaksin, sebanyak 7.678.485 juta orang.

Pemerintah berencana memvaksinasi 181,5 juta warga guna mewujudkan kekebalan kelompok terhadap COVID-19.

Jokowi pun meminta para kepala daerah terus mengingatkan warganya agar disiplin menjalankan protokol kesehatan dan bersinergi dengan pemerintah pusat memberlakukan larangan mudik Lebaran bagi warganya tahun ini.


Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto
DarkLight